Tantangan Guru di Era Globalisasi

Masyarakat dunia saat ini masuk ke dalam pergaulan era globalisasi. Tidak terkecuali saya, anda, guru, siswa, dosen, mahasiswa, pebisnis, instansi pemerintahan, pendidikan dan siapa saja. Suka atau tidak arus globalisasi adalah arus yang irreversible (tak dapat ditolak).

Hadirnya berbagai jenis komputer dan internet di dunia pendidikan memberikan banyak tawaran dan pilihan dalam rangka menunjang proses pembelajaran. Keunggulan yang ditawarkan bukan saja kecepatan untuk mendapatkan informasi, tetapi fasilitas multimedia yang dapat membuat belajar lebih menarik, visual, dan interaktif. Bagamana dengan guru sebagai ujung tombak pendidikan? Apakah siap menghadapi tantangan ini?


Sebagian besar guru merasa ragu dan tidak akrab dengan teknologi informasi semacam internet. Bahkan ada yang menganggap hanya mengganggu kosentrasi belajar siswanya. Benar! Jika siswa lebih dahulu menguasai teknologi informasi ketimbang gurunya. Dan yang dilakukan siswa di warnet biasanya aktifitas bermain game online. Kenapa bisa terjadi demikian? Ya…karena mereka tidak mendapat petunjuk yang benar bagaimana cara memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang prestasi belajarnya.

Berikut adalah kutipan dari LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 16 TAHUN 2007 TANGGAL 4 MEI 2007 tentang STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU :

24. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

  • 24.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
  • 24.2. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Kutipan di atas adalah Standar Kompetensi (Kompetensi Profesional} Guru PAUD/TK/RA/SD/MI. Sengaja saya pilih yang itu karena pesan pada  kutipan di atas cukup jelas. Pertanyaannya “kapan lagi kita manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan pengembangan diri agar menjadi guru yang benar-benar profesional?”

5 thoughts on “Tantangan Guru di Era Globalisasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>