Metode Outdoor dalam Penulisan Puisi Anak SD

Abstrak

Seorang guru profesional yang diberi kebebasan untuk mengembangkan kreatifitasnya, dituntut agar mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat supaya hasil belajar maksimal dan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Penulisan puisi anak SD mudah dilakukan jika metode yang digunakan menempatkan siswa pada posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya. Artikel ini memaparkan tentang metode outdoor (keluar kelas) yang digunakan guru dalam materi ajar menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat untuk anak SD. Metode
tersebut sangat membantu siswa untuk menemukan gagasan pokok, menentukan pilihan kata yang tepat, dan menuliskan puisi dengan waktu yang relatif singkat. Sebagaimana metode yang lain, metode pembelajaran outdoor memiliki keunggulan dan kelemahan.

Kata kunci : penulisan puisi, metode outdoor.

Pendahuluan

Pengembangan kurikulum oleh satuan pendidikan dewasa ini memberikan peluang yang besar kepada guru untuk mengembangkan kreatifitasnya sesuai dengan konteks yang melingkupi siswa sebagai subjek didik. Berbagai inovasi seharusnya terus dilakukan agar proses pembelajaran tidak kaku dan monoton. kreatifitas dan inovasi akan menumbuhkan motivasi belajar yang tidak hanya mencapai hasil belajar maksimal, tetapi benar-benar melalui proses pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, tanpa harus meninggalkan substansi dari tujuan pembelajaran.

Kompetensi dasar menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat memuat indikator menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman. Bagi siswa SD hal ini tidak mudah dilakukan, apalagi jika guru tidak memberikan petunjuk yang memadai. Bisa saja sebagian siswa lambat menemukan gagasan pokok, bingung memilih kata yang tepat, dan akhirnya menjadi bosan. Akibatnya pembelajaran tidak efisien dan efektif.

Guru yang profesional memiliki pengetahuan yang dalam dan luas dari subjek matter (bidang studi) yang akan diajarkan juga penguasaan metodologi dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoritik, mampu memilih metode yang tepat, serta mampu menggunakan berbagai metode dalam proses belajar mengajar (Satori : 2009).

Ada berbagai jenis metode dalam strategi pembelajaran diantaranya metode outdoor. Metode ini dapat dijadikan pilihan bagi guru untuk memudahkan siswa dalam menulis puisi bebas. Guru menyiapkan RPP sedemikian rupa sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran. Pada pelaksanaannya siswa diajak ke luar kelas, paling tidak di halaman sekolah. Guru memberikan petunjuk sekaligus mendemonstrasikan kegiatan yang antara lain contohnya sebagai berikut:

1. Mengambil batu kerikil sebesar kepal tangan yang ada di halaman.

2. Masing-masing siswa menentukan dan mengucapkan kalimat berdasarkan batu yang dipegang guru dan menulis semua kalimat yang diucapkan oleh temannya.
Kemungkinan kalimat mereka :
– Batu kerikil untuk bahan bangunan
– Batu kerikil dihanyutkan arus sungai
– Berserakan di halaman
– Hitam, abu-abu, coklat keputihan
– Diam, keras, dan kasar
– …………….

3. Guru membimbing siswa menggabungkan kalimat dengan memilih kata yang tepat menjadi sebuah puisi. Tanpa disadari mereka sedang menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat berdasarkan gagasan pokok “pengalaman langsung”

4. Selanjutnya masing-masing siswa diberi tugas menentukan gagasan pokok berdasarkan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar sekolah dan merangkai kalimat menjadi puisi yang utuh di dalam kelas. Beberapa siswa secara acak dipilih guru untuk membacakan karyanya di depan kelas.

Diskusi

Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar mengajar yang efektif. Pengalaman belajar dibentuk dari proses pembelajaran yang memiliki keterkaitan erat dengan metode mengajar.

Metode outdoor hampir identik dengan metode karya wisata (field trip) artinya aktivitas belajar siswa dibawa ke luar kelas. Metode outdoor lebih bersifat sederhana dan khusus, biasanya lokasi kunjungan sebagai tempat pembelajaran relatif dekat dengan sekolah.

Selain untuk peningkatan kemampuan, pembelajaran outdoor lebih bersifat untuk peningkatan aspek-aspek psikologis siswa, seperti rasa senang dan kebersamaan yang selanjutnya berdampak terhadap peningkatan perhatian dan motivasi belajar (Anitah . 2007). Hal ini seiring dengan ide umum pengalaman belajar yaitu suasana yang bebas dan penuh kepercayaan akan memotivasi peserta didik untuk melakukan tugas sekalipun mengandung resiko (Suharsono. 2007).

Sebagaimana metode pembelajaran yang lain, metode outdoor juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya dapat dicapai apabila kondisi pembelajaran dapat diciptakan secara efektif antara lain: memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman nyata, praktis dan kongkrit, dapat menumbuhkan rasa senang, minat dan motivasi terhadap objek tertentu, mendekatkan siswa dengan lingkungan. Kelemahan atau kendala yang perlu diantisipasi oleh guru antara lain: memerlukan bimbingan dan pengawasan yang ketat terhadap aktivitas anak. Jika tidak dikontrol, siswa akan terlena dengan bermainnya daripada belajarnya.

Simpulan

Guru bebas menentukan metode pembelajaran agar hasil belajar maksimal serta menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan. Membelajarkan materi menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat untuk siswa SD dapat dilakukan dengan metode outdoor (keluar kelas). Dampak pengalaman yang diperoleh dari metode ini adalah bersosialisasi, bekerjasama, berinteraksi, mengamati, menilai objek, dan memberi kesempatan pada siswa memperoleh pengalaman nyata, peraktis, kongkrit, serta belajar dengan suasana yang menyenangkan. Namun guru perlu mengantisipasi kelemahan dan kendalanya.

Daftar pustaka

Satori, Djam’an. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suharsono. (2007). Pelangi Pendidikan. Jakatra: Direktorat Sekolah Menengah Pertama.
Suria, H.M. (2007). Kapita Selekta Pendidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wayan, I. (2010). 8 Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Az-zahra Books 8.
Anitah, Sri, W. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakatra: Universitas Terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>