Ciri-ciri Profesional Keguruan

Semua jabatan profesi mempunyai ciri-ciri profesionalnya tersendiri, termasuk jabatan yang (mungkin) anda sandang saat ini yaitu guru. Menurut National Education Association (NEA) (1948) ciri-ciri jabatan guru adalah sebagai berikut.

  • Melibatkan kegiatan intelektual. Kegiatan guru dalam mendidik dan mengajar melibatkan usaha yang sifatnya didominasi oleh kegiatan intelektual. Lebih jauh lagi profesi guru adalah dasar dari persiapan dari semua kegiatan profesional lainnya (ibu segala profesi).
  • Menggeluti bidang ilmu yang khusus. Anggota suatu profesi terutama profesi guru menguasai bidang ilmu yang membangun keahlian mereka secara khusus.
  • Memerlukan persiapan latihan yang lama. Untuk menduduki jabatan profesi guru diperlukan pendidikan melalui perguruan tinggi, pengalaman praktek, dan pemagangan.
  • Memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan. Setiap tahun guru melakukan berbagai kegiatan latihan profesional untuk peningkatan dan penyetaraan sebagai tuntutan kualifikasi profesinya.
  • Menjanjikan karier hidup dan keanggotaan yang permanen. Untuk di negara Indonesia kriteria ini belum dapat dipenuhi, karena pada kenyataannya banyak guru baru yang hanya bertahan satu atau dua tahun pada profesi mengajar setelah itu mereka pindah kerja ke bidang lain yang lebih menjanjikan.
  • Memenuhi bakunya sendiri. Dikarenakan jabatan guru menyangkut hajat hidup orang banyak, maka pembakuan jabatan guru ini sering tidak diciptakan oleh anggota profesi sendiri terutama di negara kita. Oleh karena itu kriteria ini belum dapat terpenuhi dengan baik.
  • Mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi. Jabatan guru telah terkenal secara universal sebagai suatu jabatan yang anggotanya termotivasi oleh keinginan untuk membantu orang lain dan bukan disebabkan oleh keuntungan ekonomi atau keuangan.
  • Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin rapat. Di Indonesia telah ada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang merupakan wadah seluruh guru. Sayangnya PGRI belum mampu memberikan sanksi yang tegas kepada guru yang melakukan kesalahan dan belum mampu memberi bantuan kepada guru yang terimpa fitnah/tuduhan dan semacamnya.

Berikutnya akan dijelaskan juga ciri-ciri jabatan guru menurut seorang ahli yang bernama Robert W. Richey (1974) dalam Satori (2009). Ciri-ciri profesionalisasi jabatan guru akan mulai nampak, seperti yang dikemukakannya sebagai berikut.

  • Para guru akan bekerja hanya semata-mata memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat dari pada usaha untuk kepentingan pribadi.
  • Para guru secara hukum dituntut untuk memenuhi berbagai persyaratan untuk mendapatkan izin/hak mengajar serta persyaratan yang ketat untuk menjadi anggota organisasi guru.
  • Para guru dituntut memiliki pemahaman serta keterampilan yang tinggi dalam hal bahan pelajaran, metode mengajar, anak didik, dan landasan kependidikan.
  • Para guru dalam organisasi profesional, memiliki publikasi profesional yang dapat melayani para guru, sehingga tidak ketinggalan jaman, bahkan selalu mengikuti perkembangan yang terjadi.
  • Para guru diakui sepenuhmya sebagai karir hidup (a life career)
  • Para guru memiliki nilai dan etika yang berfungsi secara nasional maupun secara lokal.
  • Para guru diusahakan untuk selalu mengikuti kursus-kursus, workshop, seminar, konvensi serta terlihat secara luas dalam berbagai kegiatan in service.

10 thoughts on “Ciri-ciri Profesional Keguruan”

  1. Pingback: Esti Dika's Blog
  2. @Joey und Pim What I wrote is how it should be. In fact our country has not been able to make it happen. You know better than me?. Thank you for your views on our country, Indonesia … I like it because you have commented on my blog.

  3. Me is school education (training) in Indonesia is not known. Indonesia is a large country with more than 320 million inhabitants. Is the government involved for democracy and social justice? Is there also of social justice for the weak people. For example, health insurance, pensions, compulsory schooling, vocational training, career and work? Indonesians are the most satisfied with of their political and economic situation? Wikipedia information to Indonesia? I think that the authors try, but everything is not safe. Basic requirement is Shedule modern education and promotion for children and young people the future of all countries. Very interesting topic, thank you

  4. Jika semua kriteria di atas telah dimliki oleh para pendidik saya yakin pendidikan di Indonesia akan maju dengan pesat.
    Dan sebagai konsekuensinya para guru berhak memperoleh sertifikasi tanpa melihat masa kerja dan jenjang pendidikan.
    Selamat berjuang "Pahlawan tanpa tanda jasa"Indonesia..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *