Faktor-faktor Pendidikan

Keberhasilan suatu organisasi dalam bidang apapun tidak akan bisa terjadi begitu saja tanpa adanya faktor-faktor yang mendukungnya. Dan faktor-faktor tersebut sangat saling terkait, mempengaruhi, dan sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan akhir organisasi. Begitu juga halnya dengan proses yang terjadi dengan pendidikan.

Ada 5 faktor yang saling terkait dan sangat menentukan keberhasilan dalam bidang pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan, yaitu:
1. Anak didik.
Anak didik adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang dan membutuhkan orang lain (pendidik) untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar sesuai dengan tahap/tugas perkembangan dan menjadi individu yang berbeda.

2. Pendidik.
Pendidik adalah orang/individu yang mampu mendidik dalam situasi pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan. Individu yang dimaksud adalah orang dewasa yang sehat jasmani dan rohani, bertanggung jawab,
berdikari, terampil, jujur, sabar adil, terbuka, memiliki kasih sayang, berpengalaman dan luas pengetahuannya.

3. Lingkungan pendidikan.
Lingkungan pendidikan adalah segala sesuatu di luar diri peserta didik, baik berupa lingkungan fisik maupun sosial. Lingkungan dapat berupa hal yang abstrak dan dapat berupa hal-hal nyata. Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan terdapat tiga macam lingkungan yaitu lingkungan keluraga, sekolah dan masyarakat. Ketiga macam lingkungan tersebut sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan peserta didik.

4. Sarana pendidikan.
Sarana pendidikan disebut juga dengan alat pendidikan yaitu berupa benda-benda yang mendukung berlangsungnya pendidikan. Sarana pendidikan sebagai alat pengajaran digolongkan berdasarkan pemakaiannya, sifat keperagaannya, dan fungsinya.

5. Tujuan pendidikan.
Tujuan pendidikan merupakan tolok ukur bagi seluruh kegiatan pendidikan, pemilihan materi, metode pengajaran, dan evaluasi. Tujuan pendidikan membantu anak didik untuk mencapai tingkat kedewasaan dalam hal berkembangnya potensi fisik, sikap, moral, emosi, pengetauan dan keterampilan agar menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab. Berdasarkan tingkat dan keluasannya tujuan pendidikan dibagi menjadi, tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional.

One thought on “Faktor-faktor Pendidikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *