Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

Ahli genetik (keturunan) banyak yang tertarik untuk mengetahui dengan pasti pengaruh faktor genetik terhadap variasi karakteristik. Mereka menelaah aspek yang paling banyak dipengaruhi oleh faktor genetik yaitu kecerdasan dan temperamen (sifat batin yang tetap mempengaruhi perbuatan, perasaan, dan pikiran).
Menurut ahli psikologi, perilaku perbedaan individu yang kompleks (kecerdasan, kepribadian, dan temperamen) mendapat pengaruh yang sama kuatnya dari faktor keturunan (genetik) dan faktor lingkungan.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan yaitu:
1. Kecerdasan
Dari beberapa penelitian tentang kecerdasan yang dilakukan Jensen (1969) diantaranya:
– membandingkan anak kembar yang berasal dari satu telur (identical twins)
– membandingkan anak kembar dari dua telur (fratenal twins)

Identical twins memilki genetik yang identik, karena itu kecerdasan (IQ) seharusnya sama. Fraternal twins pada anak sekandung genetiknya tidak sama, oleh karena itu kecerdasannya (IQ) tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identical twins yang dibesarkan pada dua lingkungan yang berbeda kolerasi rata-rata IQ-nya 82. Dua saudara sekandung yang dibesarkan pada dua lingkungan yang berbeda kolerasi rata-rta Iq-nya 50. Menurutnya kecerdasan itu diwariskan, lingkungan dan budaya mempunyai peranan yang kecil.

Menurut Jensen IQ yang diukur dengan tes kecerdasan yang baku merupakan indikator kecerdasan yang baik. Karena pendapatnya tersebut, banyak ahli yang mengkritiknya. Menurut ahli lain tes IQ hanya menyentuh sebagian kecil saja dari kecerdasan. Cara individu berinteraksi dengan lingkungan sosial, menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, dan cara memecahkan masalah sehari-hari merupakan aspek kecerdasan penting yang tak terukur oleh tes kecerdasan baku yang digunakan oleh Jensen.

Jensen berpendapat bahwa pengaruh keturunan terhadap kecerdasan individu sebesar 80%. Memang kecerdasan dipengaruhi oleh faktor keturunan tetapi kebanyakan ahli menyatakan pengaruhnya hanya sekitar 50% saja.

2. Temperamen
Temperamen adalah gaya perilaku karakteristik individu dalam merespons. Banyak ahli perkembangan yang tertarik dengan temperamen bayi. Mereka menyimpulkan bahwa temperamen dipengaruhi oleh genetik (keturunan). Ada tiga tipe dasar temperamen menurut Thomas & Chess (1991) yaitu:

  • Mudah. Anak yang mudah umumnya mempunyai suasana hati yang positif, mudah menyesuaikan diri dengan pengalaman baru dan dengan cepat membentuk kebiasaan yang teratur.
  • Sulit. Anak yang sulit cenderung bereaksi secara negatif, sering menangis, dan lambat menyesuaikan diri dengan pengalaman baru.
  • Lambat. Anak yang lambat bersikap negatif, tingkat kegiatannya rendah, dan lambat untuk menyesuaikan diri dengan pengalaman baru.

Thomas & Chess dan beberapa ahli perkembangan yang lain sependapat bahwa temperamen adalah karakteristik bayi yang baru lahir yang akan dibentuk dan dimodifikasi oleh pengalamannya pada masa akan datang.

3. Interaksi Keturunan, Linkungan, dan Perkembangan
Kecerdasan, temperamen, hobi, dan keadan fisik individu dipengaruhi oleh interaksi faktor keturunan dan lingkungan. Pengaruh keturunan terhadap kecerdasan terjadi pada awal perkembangan dan berlanjut hingga dewasa. Perbedaan kecerdasan secara individual dengan variasi yang kecil pada kepribadian dan minat mungkin terjadi dikarenakan penekanan yang sama berkenaan dengan perkembangan kecerdasan yaitu dengan dorongan agar mencapai tingkat yang tinggi.

Kita perlu mengetahui lebih banyak tentang interaksi antara keturunan dengan lingkungan dalam perkembangan yang berlangsung normal. Misalnya untuk menjawab arti perbedaan IQ antara dua orang sebesar 85 dan 120 diperlukan informasi tentang pengaruh budaya dan genetik. Demikian juga dengan pengaruh keturunan terhadap seluruh siklus kehidupan. Misalnya pubertas dan monopaus bukan hanya dipengaruhi oleh nutrisi, berat badan, obat-obatan, kesehatan (lingkungan) tetapi dipengaruhi pula oleh faktor genetik (keturunan).

Berbagi itu indah, bagikan ke ...

6 thoughts on “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *