Pentingnya Mempelajari Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Didik

Bagaimana jadinya jika seorang guru tidak mengetahui atau memahami pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya? Karena pertanyaan ini menyangkut tentang guru yang senantiasa bergelut dengan tugas-tugas pembelajaran, maka jawabannya mungkin saja; tujuan yang seyogyanya diharapkan dapat dicapai oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung tidak akan tercapai secara optimal karena cara guru menyampaikan materi ajar tidak sesuai dengan perkembangan anak didik. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ya karena gurunya tidak memahami karakteristik anak didiknya tersebut.

Selanjutnya akan diuraikan secara singkat manfaat dan alasan yang menjadi dasar bagi seorang guru mempelajari pertumbuhan dan perkembangan anak didik. 

Pertumbuhan adalah perubahan alamiah fisik atau jasmaniah secara kuantitatif (berdasarkan jumlah atau banyaknya), dan menampakkan suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu. Dengan kata lain pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu penambahan yang tampak dalam ukuran, bentuk, berat, dan proporsi tubuh serta bagian-bagiannya.

Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang terjadi dan dialami organisme atau individu menuju kedewasaannya yang berlangsung secara teratur menurut sistemnya, mengarah pada kemajuan, dan berkesinambungan.
Perkembangan berkaitan erat dengan pertumbuhan (growth), kematangan (maturation), belajar (learning), latihan (training) dan perkembangan hanya dapat dilihat melalui gejala-gejalanya saja.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari perkembangan anak didik bagi seorang guru, yaitu:

  • Memberikan gambaran yang nyata dan langsung tentang anak didik, sehingga memudahkan guru dalam menentukan tindakan yang tepat pada saat pembelajaran berlangsung.
  • Membantu guru merespons sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari anak didik.
  • Mengenali dan mengetahui berbagai ketidaknormalan perkembangan atau penyimpangan yang dialami anak didik.
  • Membantu memahami diri guru itu sendiri tentang proses perkembangan yang pernah atau akan dialaminya.

Alasan yang menjadi dasar mengapa seorang guru harus memahami pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya, yaitu:

  1. Masa perkembangan yang cepat. Masa perkembangan anak berlangsung cepat dibanding dengan makhluk hidup lain. Perubahan fisik, interaksi sosial, kemampuan berbahasa, daya ingat dan lain-lain pada tahun pertama akan lebih cepat pada tahun-tahun berikutnya.
  2. Pengaruh yang lama. Pengalaman yang pernah dilalui pada tahun-tahun pertama akan berpengaruh lama dan kuat terhadap perkembangan pada tahun-tahun berikutnya.
  3. Proses yang kompleks. Proses perkembangan mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan. Misalnya cara berbahasa dari mulai anak-anak yang menggunakan satu atau dua kata hingga cara berbahasa ketika sudah dewasa akan jauh berbeda dikarenakan mekanisme cara berbahasa orang dewasa lebih kompleks.
  4. Nilai yang diterapkan. Banyak hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dapat diterapkan di dunia nyata misalnya percobaan tentang strategi pemecahan masalah pada anak akan memberikan informasi berharga mengenai metode mengajar yang baik. Secara langsung atau tidak langsung hasil penelitian dan kajian teoritis mempengaruhi pola pendidikan.
  5. Masalah yang menarik. Mengkaji tentang perkembangan anak adalah hal yang sangat menarik dan penuh teka-teki karena anak merupakan makhluk yang mengagumkan.

Berbagi itu indah, bagikan ke ...

One thought on “Pentingnya Mempelajari Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Didik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *