Kegiatan Akhir Pembelajaran

Rangkaian kegiatan pembelajaran yang selalu diartikan sebagai penutup adalah kegiatan akhir pembelajaran. Untuk lebih jelas dalam memahami kegiatan akhir pembelajaran, berikut ini akan diuraikan secara singkat tentang kegiatan akhir pembelajaran yang dikemukakan oleh Ruhimat (2007):

Kegiatan akhir pembelajaran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan menutup pelajaran, tetapi lebih untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap kompetensi dan usaha pemantapan penguasaan kompetensi yang diharapkan. Dengan melakukannya diharapkan guru dapat mengetahui kompetensi yang sudah atau belum dikuasai oleh siswa. Kegiatan ini biasanya meninjau kembali penguasaan siswa dan pemberian tes, baik secara lisan maupun tulisan (penilaian).

a. Meninjau kembali penguasaan siswa
Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan meninjau kembali penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan yaitu menyimpulkan (merangkum) pokok-pokok materi dan membuat ringkasan materi. Kedua kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru. Dalam membuat rangkuman, kesimpulan, atau ringkasan hendaknya memperhatikan hal-hal berikut.

  • Mengacu pada hasil belajar dan kompetensi dasar
  • Singkat, jelas, dan mudah dipahami
  • Jangan keluar dari topik yang dibahas
  • Menggunakan waktu sesingkat mungkin

Rangkuman, kesimpulan, dan ringkasan sangat berguna bagi siswa yang tidak memiliki buku sumber atau siswa yang lambat belajar karena mereka akan dapat mempelajarinya kembali. Sebenarnya kegiatan meninjau kembali penguasaan siswa dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Kegiatan ini dapat dilakukan pada setiap penggal kegiatan atau setelah satu topik dibahas.

b. Melaksanakan penilaian
Kegiatan penilaian dalam proses pembelajaran merupakan kegiatan yang mutlak harus dilaksanakan oleh guru. Tujuannya untuk mengetahui tercapai atau tidaknya kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara memberikan tes atau meminta siswa membuat ringkasan materi pelajaran yang telah dibahas.

Waktu yang tersedia untuk kegiatan akhir relatif singkat, untuk itu guru perlu mengidentifikasi kegiatan teknik yang dianggap tepat untuk menilai penguasaan siswa. Jika waktu yang dimiliki tidak cukup banyak, guru dapat menunjuk beberapa siswa yang dianggap dapat mewakili seluruh siswa untuk menjawab pertanyaan secara lisan atau membuat kesimpulan. Namun jika waktu yang tersedia mencukupi, guru dapat melakukan tes secara tertulis.

6 comments

  1. Sonia Renaud says:

    Brilliant, cheers, I will subscribe to you RSS later.

  2. bölüm izle says:

    I was looking for this blog survive three days wonderful webpage manager great posts all the things is great

  3. ismanpunggul says:

    @DEBRIAN RUHUT BLOGTerima kasih komennya Bang Ruhut…

  4. Singkat dan padat…pembelajaran hrs selalu dibuktikan dengan adanya penilaian akhir dan penugasan, selain itu sebagai review bagi siswa ttg pelajaran sebelum2nya.. g+ buat artikel ini.

  5. artikel yang menarik :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>