Kegiatan Tindak Lanjut Pembelajaran

Dari hasil penilaian dan meninjau kembali penguasaan siswa (kegiatan akhir pembelajaran) , guru akan mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran oleh siswa. Dengan memperhatikan tingkat penguasaan siswa guru perlu melakukan kegiatan tindak lanjut. Kegiatan tindak lanjut dapat dilakukan di luar jam pelajaran dan disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia.

Tujuan dari kegiatan tindak lanjut adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Berikut ini beberapa kegiatan tindak lanjut yang dapat dilakukan guru dalam upaya mengoptimalkan penguasaan siswa (Ruhimat, 2007).

1. Memberikan tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah (PR)
Dalam memberikan tugas dan latihan guru perlu memperhatikan waktu yang tersedia dan kemampuan yang dimiliki siswa. Berikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa, karena pemberian tugas yang berlebihan dapat membuat siswa frustasi, jenuh, bahkan akan menurunkan motivasi belajarnya.Setiap pemberian tugas kepada siswa harus berorientasi pada kompetensi yang harus dicapai dan memberikan manfaat bagi siswa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam memberikan tugas kepada siswa:

  • Menentukan dan menjelaskan secara singkat tentang topik tugas yang akan diberikan kepada siswa.
  • Menjelaskan tentang tahapan tugas yang harus dilakukan oleh siswa.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang bagian tugas yang belum dipahaminya.
  • Memeriksa dan membahas setiap tugas yang diberikan.

2. Membahas kembali materi pelajaran yang belum dikuasai siswa
Sebagai tindak lanjut dari adanya kemampuan yang belum dikuasai siswa, guru hendaknya merancang kegiatan untuk membantu siswa menguasai kemampuan yang belum dikuasanya. Dalam hal ini ada dua kemungkinan kegiatan yang dapat dilakukan guru, yaitu:

  • Membahas materi yang belum dikuasai siswa pada saat itu juga
  • Membahas materi tersebut pada pertemuan berikutnya.

3. Membaca materi dari sumber lain
Kegiatan ini dapat ditugaskan kepada siswa yang belum ataupun yang sudah menguasai kompetensi yang telah ditetapkan. Agar siswa dapat melaksanakan tugas tersebut secara maksimal, sebaiknya guru menyiapkan pertanyaan yang harus dijawab siswa atau meminta siswa membuat laoran hasil membacanya.

4. Memberikan motivasi atau bimbingan belajar
Guru hendaknya memberikan bimbingan kepada siswa agar mereka mampu memperbaiki kekurangannya. Bimbingan tersebut dapat berupa arahan atau petunjuk yang jelas kepada siswa sehingga tugas yang diberikan dapat diselesaikan secara maksimal. Bimbingan ini akan menjadi dorongan atau motivasi kepada siswa untuk terus belajar.

5. Menginformasikan topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
Hal ini dilakukan untuk membimbing atau mengarahkan siswa dalam kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran. Diharapkan siswa akan mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya di rumah sebelum mengikuti pelajaran di sekolah.

Setelah guru menganggap kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran selesai dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, maka langkah selanjutnya guru menutup pelajaran. Jika pelajaran berlangsung pada jadwal yang paling akhir, maka tutuplah pelajaran dengan berdoa bersama siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>