8 Persiapan Guru Sebelum ke Sekolah

Guru dalam melaksanakan tugasnya wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang tugas yang dipikulnya sebelum tugas rutinitas itu dilakukan. Persiapan bukan hanya tentang bahan-bahan ajar saja (administrasi), tetapi meliputi kesiapan diri guru secara keseluruhan sebelum berdiri di depan kelas.

Bukan bermaksud menggurui, berikut ini akan diuraikan delapan persiapan guru sebelum berdiri di depan kelas. Kenapa delapan? Kan banyak persiapan guru yang harus disiapkan sebelum berada di dalam kelas? Ya, benar! Memang banyak. Saya hanya menyampaikan delapan saja, karena Saya sangat menyukai angka delapan. Dan yang kusampaikan ini adalah di luar dari persiapan yang menyangkut administrasi guru.

1. Siapkan mood yang baik.
Bangun pagi seawal mungkin agar tidak timbul kejadian terburu-buru. Saat bangun pagi, biasanya mood (suasana hati) masih terbawa alam mimpi. Mujur kalau mimpinya yang asyik-asyik dan indah tentu mood Anda akan baik. Bagai mana jika mimpinya seram, sedih, marah, atau menyakitkan tentu mood saat bangun pagi jadi kurang baik. Untuk itu saat bangun tidur (pagi) jangan langsung meninggalkan tempat tidur. Menggeliatlah sepuasnya; Hirup dalam-dalam udara pagi yang menyegarkan; sapalah (dengan ucapan) angin, api, air, dan tanah semampu Anda (bayangkan dalam hati ke-4 elemen tersebut), bersyukurlah kepada Tuhan karena Anda dapat bangun dan bertemu kembali dengan dunia yang baru saja Anda tinggalkan. Mudah-mudahan mood Anda pagi itu akan baik. Perlu diketahui bahwa mood pagi hari dapat mempengaruhi semua aktifitas seseorang sepanjang hari lho.

2. Membersihkan diri.
Sebelum mandi, Anda dapat melakukan senam ringan dengan berlari-lari kecil di halaman rumah. Selepas itu pergilah ke kamar mandi, pastikan bahwa Anda mandi (jangan tak mandi) serta melaksanakan segala aktifitas kamar mandi (misalnya BAB). Jangan menggosok (membersihkan) gigi dulu, cukup berkumur-kumur saja. Gosok gigi dapat dilakukan setelah sarapan pagi dan jika telah merasa tidak ada lagi makanan yang akan dikunyah hingga 3-4 jam ke depan.

3. Sarapan.
Sarapan pagi sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan. Maksudnya jangan kekenyangan atau masih terasa lapar. Minum susu atau teh manis yang rendah kadar gulanya. Jenis makanan pagi terserah diri kita masing-masing, yang penting cukup mengandung karbohidrat dan zat gizi (vitamin dan protein) untuk memberi energi yang cukup ketika berada di depan kelas. Untuk penderita maag, siapkan saja bekal untuk dimakan ketika perut mulai memintanya.

4. Penampilan.
Untuk memastikan penampilan Anda menarik, jangan lupa berdiri di depan cermin beberapa saat. Rapikan rambut, pakaian dan atributnya, serta jangan lupa memakai parfum kesayangan Anda (bagi yang suka wewangian) agar suasana hari itu akan lebih bermakna. Ingatlah bahwa kebanyakan siswa menyukai guru yang berpenampilan menarik.

5. Tinggalkan (lupakan sementara) masalah pribadi.
Jangan sesekali membawa “masalah” yang bersifat pribadi ke kelas. akibatnya akan sangat mempengaruhi kualitas kerja Anda. Memang bagian ini agak sulit untuk dipraktekkan. Tapi dengan pengaturan dan jadwal yang ketat, yaitu berlatih untuk tidak mencampuradukkan segala urusan, akan membantu kita menjadi terbiasa tidak membawa masalah (urusan) yang tidak berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan yang sedang dikerjakan.

6. Berangkat dengan berdoa.
Yakin segala perlengkapan ke sekolah telah disiapkan? Melangkahlah dengan kaki kanan terlebih dahulu saat berada di depan pintu dan siap untuk berangkat. Jangan lupa berdoa memohon kepada Tuhan agar Anda diridhoi untuk beraktifitas pada hari itu.

7. Santai dalam perjalanan.
Di perjalanan menuju sekolah, senyumlah sekedarnya pada orang yang memandang ke arah Anda. Sapa, jika orang yang Anda temui mengenal Anda dengan baik. Jangan timbulkan kesan terburu-buru dalam perjalanan. Tetaplah terlihat “santai” walaupun saat itu Anda hampir terlambat sampai. Bernyanyi dalam hati ketika di perjalanan akan lebih menggairahkan Anda untuk menjalani rutinitas. Tidak dianjurkan bersiul dalam perjalanan.

8. Masuk kelas dengan senyuman.
Sapa rekan kerja Anda dengan senyuman, tanyakan kabar mereka. Ingatlah bahwa Anda dan rekan Anda adalah satu tim yang hebat dan bertanggung jawab dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekarang, Anda telah siap untuk berdiri di depan kelas. Sapa siswa/siswi yang telah merindukan kehadiran Anda dengan senyuman yang paling manis di pagi itu.

Persiapan guru yang kuposting di atas tentu berbeda dengan masing-masing guru. Para guru tentu mempunyai cara tersendiri dalam mempersiapkan diri sebelum berdiri di depan kelas. Dan Andapun mempunyai kiat yang berbeda dan tersendiri pula untuk itu. Silahkan ditambahi melalui kotak komentar!.

33 thoughts on “8 Persiapan Guru Sebelum ke Sekolah”

  1. pas banget nih pak. salah satu dari sekian tips yg manjur u/ dipraktekkan oleh setiap guru.

    ditunggu artikel2 pendidikan yg lainny y pak ^^. salam blogger

  2. Guru yang profesional memang sebaiknya mengikuti anjuran ini. Semoga dengan demikian, maka dana tunjangan sertifikasi/tambahan penghasilan akan lebih efektif! Salam sahabat.
    By the way ada ajang nominasi Guraru Blog Award 2011, hayo…kangmas : Langsung ikut aja… CahNdeso siap beri dukungan!

  3. posting yang sangat bermanfaat,
    guru adalah cermin dari pendidikan bangsa….
    guru kreatif dan aktif maka akan menjadikan murid calon penerus generasi bangsa ini baik pula, dan cerdas juga, sehingga bangsa ini akan maju dan berkembang…….
    salam kenal dari mantan guru,hehehe….

  4. Info yang bermanfaat pak guru, kalau boleh sya request artikel tentang "cara menghadapi dosen yang killer". hehehe. Tapi misal ga, juga gapapa koq. Semngat terus kang isman, keep posting. . .

  5. salam Isman.
    singgah sini.
    Infonya mantap sekali. Jenuh perah otak menulis begitu panjang.atau C&P; ?haha. jangan marah …

  6. Tipsnya mantap Pak, semua penting menurut sy, tp kalau dibuat skala prioritas, maka yg lebih penting bagi sy adalah point no. 8 "masuk kelas dengan senyuman" berkaitan juga dengan point yg pertama..
    thanks Pak atas sharingnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>