Pengertian Motivasi

Dalam dunia pendidikan kata motivasi bukanlah hal yang asing bagi para guru. Semua guru pasti memahami apa yang dimaksud dengan motivasi. Apa lagi memotivasi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh guru terhadap siswa sebelum atau ketika sedang melaksanakan proses pembelajaran.

Apakah motivasi itu? Ada yang bilang motivasi adalah sebab atau alasan yang menjadi dasar bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Ada yang mengartikan motivasi sebagai spirit atau semangat. Ada juga yang berpendapat motivasi merupakan dorongan untuk berbuat dalam usaha mencapai tujuan.

Sebenarnya motivasi berasal dari kata motif yaitu kekuatan yang menyebabkan seseorang untuk bertindak. Donald (dalam Sardiman 2001:73) menyatakan: motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

Menurut Sardiman (2001:87), motivasi dibedakan menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

  1. Motivasi intrinsik adalah motif-motif atau dorongan yang timbul dari dalam diri sesorang tanpa adanya rangsangan dari luar, misalnya kesadaran untuk menjaga kebersihan, timbulnya kemauan untuk belajar di rumah dan lain-lain.
  2. Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar, misalnya siswa yang mau belajar karena iming-iming hadiah dari guru atau karena ingin menjadi juara kelas.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefenisikan motivasi sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi dibedakan menjadi tiga:

  1. Motivasi bawah sadar yaitu dorongan untuk bertindak yang pada hakikatnya terselubung bagi yang bersangkutan, tetapi dapat ditelusuri melalui perilakunya.
  2. Motivasi ekstrinsik yaitu dorongan yang datangnya dari luar diri seseorang. yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan eksternal.
  3. Motivasi intrinsik yaitu dorongan atau keinginan yang tidak perlu disertai perangsang dari luar.

Memotivasi yaitu memberikan motivasi atau menciptakan suasana yang subur kepada seseorang untuk munculnya suatu motif. Seseorang yang telah termotivasi akan terdorong untuk bertindak dan melakukan sesuatu.

19 thoughts on “Pengertian Motivasi”

  1. Jadi tahu saya apa "definisi" motivasi. Kendati demikian, saya yakin, bahwa saya selama ini memang selalu berjubah motivasi, yakni : motivasi untuk tetap bertahan hidup dan merasa diri masih muda belia, sehat walaffiat. By the way, sorry, lama tidak muncul dan berkomengria di sini, Kangmas.. Salam sahabat, Godbless you, my Teacher…

  2. terkadang ada yang salah dalam memotivasi guru ke murid nya yaitu dengan membandingkan orang lain yang sudah jadi tanpa kita sadari bagaimana sikologis orang berbeda2,
    mungkin dengan adanya artikel ini bisa memberikan motivasi terbaik dalam hidup kita

  3. Motivasi sangat penting dalam kehidupan kita dan dalam segala sisi aktivitas kita,
    tanpa motivasi kurang semangat dalam melakukan aktifitas,
    apalagi di dunia pendidikan,
    Guru yang pandai memberikan motivasi pada muridnya, kemungkinan besar muridnya akan menjadi semangat dalam belajarnya,
    mari kita tingkatkan motivasi kita,
    posting yang sangat bagus pak Isman….
    di tunggu postingan selanjutnya……

  4. Motivasi itu bagi saya adalah wajib. Karena motivasi adalah motor atau penggerak dalam hidup saya. Tanpa adanya motivasi / semangat hidup, seseorang akan berhenti diam ditempat bahkan kehilangan tujuan hidup yang sebenarnya.
    Artikel yang bermanfaat pak, saya tunggu artikel-artikel super dan amazing berikutnya dari mas isman selanjutnya. . . .

  5. Guru saya dulu sering memberikan sugesti sehingga saya selalu Juara Pertama atau sesekali Runner Up. Beliau pandai sekali memotivasi murid-muridnya! (mumpung ingat, saya press +1 juga!).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *