Hafal Panca Prasetya KORPRI Syarat Menerima SK?

Bagi teman-teman guru yang akan menerima SK kenaikan pangkat/golongan wajib melewati ujian yaitu menghafal Panca Prasetya KORPRI, kecuali mereka yang telah berumur 45 tahun keatas. Peraturan ini berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara atau mungkin berlaku untuk daerah lain juga ya? Pengujinya adalah Bapak/Ibu pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Asahan.

Mungkin timbul pertanyaan: “Apakah dengan menghafal Panca Prasetya KORPRI, tugas dan tanggung jawab PNS menjadi lebih baik?” Belum tentu! Tapi minimal para PNS mengetahui apa yang menjadi janjinya, berusaha untuk menunaikannya, dan kemungkinan untuk melanggarnya dapat diminimalisir. Karena biasanya jika seseorang teringat (hafal) akan ikrar janjinya, maka untuk mengkhianati sumpahnya itu akan berfikir dua kali. Dan seandainya dilanggarpun akan timbul beban mental yang berat (semacam perasaan berdosa). Itu bagi yang bertanggung jawab lho!

Siapapun yang punya inisiatif, ide, dan sebagainya sehingga keluar peraturan seperti itu di Kabupaten Asahan, Aku adalah orang yang paling setuju dengan diberlakukannya peraturan seperti itu. Dan kebetulan tadi, sekitar pukul 14.22 WIB. Aku telah mendapat giliran untuk berikrar dengan membacakan secara hafal Panca Prasetya KORPRI di depan penguji (Bapak/Ibu pegawai BKD). Ya, untuk menerima SK kenaikan golongan/pangkatku ke jenjang satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan harapan semoga Aku menjadi seorang profesional yang tetap ingat sumpah/janjiku dan berusaha terus-menerus untuk tetap menunaikannya.

Bagi rekan-rekan guru yang ingin mengetahui apa yang kami ikrarkan satu persatu secara bergiliran di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, silahkan lihat salinan Panca Prasetya KORPRI berikut ini:

PANCA PRASETYA KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA

Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji :

  1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
  3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
  5. Menegakkan kejujuran, keadilan, dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Bapak Ibu guru yang pernah Prajabatan tentu sudah pernah juga mengikrarkan janji di atas. Bahkan mengerti dan memahami penjelasan dari Panca Prasetya KORPRI tersebut, ya kan?

32 thoughts on “Hafal Panca Prasetya KORPRI Syarat Menerima SK?”

  1. Semoga dengan banyaknya syarat yang dibebankan para guru saat ini yang meliputi, minimal pendidikan, sertifikasi, jam mengajar dsb.. tidak membuat kualitas mengajar mereka semakin menurun. Saya adalah salah seorang yg selalu bermasalah dg guru pada saat sekolah (ngaku.com), namun saat ini baru nyadar bahwa apa yg beliau2 lakukan adalah demi kebaikan kita sendiri di masa depan.
    Teruslah berkarya para guru… serta tuan rumah blog ini utk share informasi yg positif :))

  2. Janji PNS adalah sebuah ikrar yang wajib ditepati,
    dan sebagai PNS yang mengabdi sebagai GURU adakah juga ikrar untuk GURU sebagaimana ikrar untuk PNS atau DOKTER yang memiliki ikrar janji sebagai DOKTER sebelum melaksanakan tugas-nya 🙂
    btw- bagi saya GURU adalah salah satu sosok terhormat yang tak akan pernah terlupakan hingga akhir kehidupan…salam

  3. dengan menghafal, seenggaknya mengetahui dari isi yang dihafalkan…

    daripada tidak hafal dan tidak mengetahui, bagaimana mau menepati mengetahui apa amanat dan janji serta tugas para pegawai negeri dan pemerintah,xixixiiii

  4. Saya masih honorer sob, belum terangkat Jadi PNS, tapi buat langkah awal jadi perlu dipelajari dulu nih PANCA PRASETYA KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA..
    terima kasih infonya pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *