Defenisi Pembelajaran Remedial

Menurut KBBI, remedial mempunyai arti bersifat menyembuhkan atau berhubungan dengan perbaikan pengajaran atau pengajaran ulang bagi siswa yang hasil belajarnya jelek.

Jika kita ketikkan kata kunci di mesin pencarian google, makan pada halaman pertama akan langsung terlihat tulisan seperti screenshotdi bawah (lihat gambar), yang kalau diartikan secara bebas akan memiliki makna yang sama dengan KBBI yaitu:

  1. Memberikan atau dimaksudkan sebagai obat atau penyembuhan.
  2. Disediakan atau ditujukan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
(KLIK UNTUK MEMPERBESAR GAMBAR)

Menurut Random House Webster’s College Dictionary (dalam Julaeha, 2007) remedial diartikan sebagai intended to improve poor skill in specified field. Kalau di Indonesiakan kira-kira, kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki keterampilan yang kurang baik dalam bidang tertentu. Jika dihubungkan dengan kegiatan pembelajaran, remedial berarti kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang kurang berhasil.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dikatakan remedial jika bertujuan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan atau yang belum berhasil dalam menguasai suatu kemampuan yang diharapkan dapat dikuasainya. Kemampuan yang diharapkan tersebut biasanya merupakan tujuan akhir (tujuan pembelajaran) dari suatu proses pembelajaran dan tertulis dalam RPP yang telah disiapkan oleh guru.

Ujian ulang tidak dapat dikatakan sebagai remedial jika sebelumnya guru tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk membantu kesulitan yang dialami siswa. Tetapi ujian ulang dapat dikatakan sebagai remedial jika sebelumnya guru telah melakukan kegiatan pembelajaran tambahan yang bertujuan untuk membantu kesulitan yang dialami siswa dalam menguasai kompetensi yang diharapkan. Semoga bermanfaat!

9 thoughts on “Defenisi Pembelajaran Remedial”

  1. tidak hanya sekedar mengulang, tapi melakukan yang lebih baik lagi ya pak..
    sehingga hasil yang diperoleh bisa maksimal.
    kunjungan silaturahmi disini pak isman..
    semoga sukses selalu..

  2. Istilahnya ujian remedial itu tidak sekedar ujian yang berulang¬≤ untuk mendapatkan nilai lebih baik ya pakbro? Tetapi harus ada tambahan pelajaran dulu untuk membuat siswa semakin paham, lalu kemudian di beri ujian lagi… begitukah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>