Terhitung Januari 2012 Dana BOS Naik!

Tampaknya Pemerintah Indonesia bersungguh-sungguh (gak main-main) dalam menangani Dunia Pendidikan di Indonesia. Ini terbukti dengan adanya Program Sertifikasi Guru yang sampai kini terus dilakukan serta dengan dinaikkannya dana BOS, walau untuk merealisasikannya tentu memerlukan biaya yang cukup-cukup mahal.

Postingan ini tidak membahas tentang sertifikasi guru, tapi tentang kenaikan dana BOS. BOS (Bantuan Operasional Sekolah) merupakan program wajib belajar (WAJAR) yang dicanangkan dan dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN sesuai amandemen UUD 1945 yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan.
Terhitung Januari 2012, pemerintah membuat kebijakan dengan menaikkan besaran jumlah dana BOS sekitar Rp. 130.000,-/siswa/tahun, dengan rincian sebagai berikut:

  • SD dari Rp. 397.000,-/siswa/tahun, naik menjadi Rp. 580.000,-/siswa/tahun.
  • SMP dari Rp. 570.000,-/siswa/tahun, naik menjadi Rp. 710.000,-/siswa/tahun.

Untuk triwulan 1 tahun 2012 dana BOS telah disalurkan pada hari Kamis tanggal 19 Januari jam 11.00 ke seluruh propinsi di Indonesia dan telah sampai ke setiap kabupaten/kota. Dana BOS yang telah disalurkan sebesar RP. 5.599.612.367.250,-(24,95% dari jumlah dana keseluruhan selama 1 tahun). Total BOS untuk tahun 2012 (1 tahun) sebesar Rp. 22.441.115.420.000,- dan dana cadangan BOS sebesar Rp. 1.153.684.580.000,- . Dana BOS tersebut diperuntukkan bagi 46.097 siswa SD dengan total Rp. 26,7 milyar dan untuk SMP 21.558 siswa dengan total Rp. 15.326 milyar.

Dengan dinaikkannya dana BOS, pemerintah berharap agar kutipan/pungutan “liar” yang dilakukan pihak sekolah dengan berbagai macam dalih dan alasan tidak akan terjadi lagi. Dan keluhan orang tua siswa yang selama ini kita dengar tentang mahalnya biaya pendidikan (mungkin karena PungLi), tida akan terdengar lagi.

Tentu saja kenaikan BOS berdampak langsung dengan pengurus BOS di sekolah, kemajuan penyelenggaraan pendidikan, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Penyelenggara BOS bisa tersenyum karena tidak lagi pusing membagi-bagi alokasi yang selama ini “dirasa” tidak mencukupi. Mereka bebas menggunakannya yang penting tidak melanggar aturan main.

Bagi praktisi pendidikan seperti guru (utama yang sudah sertifikasi Bro!), kenaikan BOS ini akhirnya menuntut tanggung jawab profesional yang lebih besar. Betapa tidak! Pemerintah bersungguh-sungguh ingin meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, eh malah Anda ingin tetap jalan ditempat dengan mutu dan pelayanan kepada siswa seperti sebelum ada IT? Malu dengan pemerintah? Itu artinya malu dengan masyarakat!

Rujukan:  Rekapitulasi Penyaluran Dana BOS Triwulan 1 Tahun 2012

19 comments

  1. [...] ini tidak membahas tentang sertifikasi guru, tapi tentang kenaikan dana BOS. BOS (Bantuan Operasional Sekolah) merupakan program wajib belajar (WAJAR) yang dicanangkan dan [...]

  2. Isman says:

    @habiburrohmanhabib Itu karena otonomi masing-masing, Pak. terima kasih dah mampir…

  3. tapi untuk sekolah-sekolah di bawah kemenag.. kok BOS nya belum cair sampai sekarang pa

  4. ismanpunggul says:

    @Sweethy Amiiiiiinnnnnnnnn…

  5. Sweethy says:

    Semoga Dunia pendidikan kita makin maju. Aamiin, dan dana BOS bisa tersalurkan dengan baik.

  6. @Jejak Puisi Ah, masa iya Mas! hehehe.

  7. isman says:

    @arie5758 Salam hangat kembali PakMas! terima kasih…

  8. Jejak Puisi says:

    dana bos naik, tapi pungli-ny juga bnyk…grrrhhhgrrrhhh…

    lieur!!!

  9. arie5758 says:

    Mudah² dengan kenaikan dana BOS ini bisa membuat dunia pendidikan semakin maju, yang tak mampu bisa terus bersekolah dan sistem serta mutu pendidikan semakin meningkat. Moga bisa terselaurkan dengan semestinya. Nice info pakbro, salam hangat selalu :)

  10. Nice kawan hehehe

  11. isman says:

    @Windows Blog ya Alhamdulillah…..

  12. isman says:

    @BRI Jakarta Veteran Itulah yang menjadi harapan kita semua, Pak!

  13. isman says:

    @chelonia Ya semoga demikian Pak!

  14. Windows Blog says:

    alhamdulilllah dong, dana BOS naik…

  15. semoga saja kenaikan dana BOS dapat tersalurkan dengan baik dan meningkatkan mutu pendidikan, salam

  16. chelonia says:

    Aseeeeek, dana BOS naik.
    Harapan saya, tersalurkan dg bijak dan transparan..
    Maju pendidikan Indonesia.

  17. DIOGO says:

    OBRIGADO PELA SUA VISITA EM MEU BLOG,,,
    TENHAM UMA BOA SEGUNDA- FEIRA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>