Keterampilan Bertanya

Menurut KBBI, “bertanya” berasal dari kata dasar “tanya” yang berarti permintaan keterangan/penjelasan. Bertanya adalah meminta supaya diberi tahu (tentang sesuatu) atau meminta keterangan/penjelasan. Sedangkan “keterampilan” berasal dari kata “terampil” yang berarti cakap dalam penyelesaian tugas atau mampu dan cekatan. Keterampilan berarti kecakapan untuk menyelesaikan tugas.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya adalah kecakapan atau kemampuan seseorang dalam meminta keterangan atau penjelasan dari orang lain. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, keterampilan bertanya yang dimaksud adalah kecakapan atau kemampuan seorang guru dalam mengolah kelas dengan meminta siswa merespon pernyataannya baik berupa kalimat tanya atau suruhan, sehingga siswa memperoleh pengetahuan dan mampu meningkatkan kemampuan berfikir.

Setiap kegiatan bertanya, pasti tidak terlepas dari pertanyaan. Setiap pertanyaan yang diajukan tidak harus/selalu dalam rumusan kalimat tanya. Pertanyaan dapat berupa kalimat tanya, pernyataan, atau suruhan. Hal itu sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh G.A. Brown dan R.Edmonson (dalam Wardani 2007), pertanyaan adalah segala pernyataan yang menginginkan tanggapan verbal (lisan). Misalnya:

Sebutkan danau yang terbesar di Indonesia!
Apakah yang dimaksud dengan carnivora?
Berikan satu contoh kalimat majemuk setara!

Bertanya, merupakan keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Bahkan keterampilan bertanya merupakan keterampilan yang bersifat mendasar yang dipersyaratkan bagi penguasaan keterampilan berikutnya (Wardani, 2007). Seorang guru tidak mungkin menguasai keterampilan memberi penguatan jika belum menguasai keterampilan bertanya.

Kegiatan bertanya termasuk kegiatan yang selalu mendominasi kelas. Menurut hasil penelitian, seorang guru menggunakan 30% dari waktu pembelajaranya untuk kegiatan bertanya. Tujuan bertanya biasanya untuk memperoleh informasi. Namun kegiatan bertanya yang dilakukan guru pada saat pembelajaran bukan saja untuk memperoleh informasi tetapi juga untuk meningkatkan terjadinya interaksi kelas agar pembelajaran lebih aktif.

Keuntungan seorang guru jika menguasai keterampilan bertanya

  1. Mengetahui pemahaman siswa
  2. Siswa akan menjadi lebih aktif
  3. Menjadikan siswa sebagai sumber informasi
  4. Belajar menjadi bervariasi
  5. Melatih keberanian siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
  6. Memotivasi siswa untuk belajar aktif

Semoga dengan menguasai dan memparaktekkan keterampilan bertanya tersebut pada setip proses pembelajaran, akan benar-benar dapat memperoleh manfaat/keuntungan seperti yang disebutkan di atas.

14 thoughts on “Keterampilan Bertanya”

  1. Fenomena yg tidak terlalu luar biasa di tgeanh limpahan tunjangan guru. Bahkan di sebuah SMP negeri ada seorang guru yg menderita stroke, bicaranya gak jelas (bindeng), hingga anak2 kurang memperhatikan di saat beliau di depan kelas memaksa tetap mengajar agar tetap bisa memproleh tunjangan sertifikasi. Kepala sekolahnya pusing, shg harus memanipulasi jam mengajar agar guru itu tetap mendapat tunjangan sertifikasi.

    1. Secara fisik sebenarnya guru yang dimaksud kurang layak (bicaranya gak jelas) untuk berdiri di depan kelas, tapi secara akademik masih dibutuhkan. Kasian Kepala Sekolahnya, Gan!

  2. kalo ane bertanya kpd para siswa, mereka cuma diam. gk tau kenapa, udh paham or belum. tapi pas, disuruh u/ mengerjakan soal di papan tulis, langsung geleng2 kepala (gak mudeng). grrrhhh…

    but, tips ini tetap ane pegang sob kalo lagi ngajar. makasih y dah berbagi.

    salam blogger ^_^

  3. Malu bertanya maka sesat di jalan. ternyata yang namanya bertanya juga ada tekniknya.

    Maka dari itu saya juga ingin bertanya pak. Tapi maaf jika tidak sesuai dengan yang di posting. Itu tanggal postingnya kok bisa sejajar dengan breadcrump dan judul blog gimana caranya pak??? MOhon bantuannya pak?

    Kebetulan template blog kita sama orangnya yang bikin (Lasantha)

  4. wah bner sekali itu pak, saya kan masih SMA nih, kalau diajar guru cuma dibacain tulisan yang ada di buku, boring banger
    tapi ada salah satu guru yang mantap banget, selain humoris,kelasnya hidup dengan berbagai macam pertanyaan

  5. Strategi dalam mengolah pertanyaan memang bisa berdampak positif seperti yang pakbro sebutkan. Ilmu ini saya rasa tidak hanya penting digunakan oleh para guru dalam pengajaran, tapi juga seorang presenter dalam menyampaikan presentasi. Juga seorang trainer yang sedang melakukan pelatihan untuk karyawan.

    Terima kasih atas ilmu bertanyanya pakbro :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>