Prinsip Penggunaan Keterampilan Bertanya

Lagi-lagi keterampilan bertanya. Ya, keterampilan yang dianggap telah mampu dikuasai/dilakukan oleh seorang guru ternyata mempunyai prinsip dalam pelaksanaannya. Keterampilan bertanya yang digunakan oleh guru akan lebih efektif jika dalam pelaksanaannya memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan. Diharapkan, dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut akan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa.

Untuk mengetahui apa saja prinsip penggunaan keterampilan bertanya, langsung saja diuraikan secara singkat pendapat yang disampaikan oleh seorang ahli di bidangnya. Prinsip-prinsip penggunan yang dimaksud dikemukakan oleh Wardani (2007), yaitu:

1. Menimbulkan gairah dan semangat siswa
Pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa diupayakan agar penuh dengan kehangatan dan antusias, karena hal itu akan mempengaruhi siswa untuk menjawab pertanyaan. Usahakan pula agar setiap siswa tidak merasa takut atau takut salah dalam menjawab pertanyaan guru.

2. Memberikan waktu kepada siswa untuk berfikir
Pertanyaan yang diajukan oleh guru tidaklah serta merta dapat dijawab oleh siswa, untuk itu guru harus memberikan waktu/kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan menyusun jawaban yang akan dikemukakannya.

3. Mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan
Tujuannya adalah agar urutan tingkat kesukaran dapat disusun dan materi yang direncanakan akan dapat disampaikan dengan tuntas.

4. Menilai pertanyaan yang telah diajukan
Kegiatan menilai (pertanyaan yang pokok saja) dapat dilakukan setelah proses pembelajaran berlangsung. Dengan menilai, guru akan mengetahui jumlah pertanyaan, tingkat kesukaran, kualitas pertanyaan, dan cakupan materi.

5. Menghindari kebiasaan di bawah ini

  • Mengulang pertanyaan, kecuali ada siswa yang belum jelas.
  • Mengulang jawaban yang diberikan siswa, kecuali memberikan penguatan. Tetapi jika sering dilakukan maka siswa akan kurang memperhatikan jawaban temannya karena akan diulang oleh guru.
  • Menjawab sendiri pertanyaan yang telah diajukan, membuat siswa malas berfikir.
  • Mengajukan pertanyaan yang memancing jawaban serentak. Kalau dilakukan sesekali dengan tujuan agar kelas jadi hidup masih dimaklumi, tetapi kalau sering dilakukan akan mengurangi fungsi dari pertanyaan itu sendiri karena guru tidak mengetahui siapa sebenarnya yang menjawab pertanyaan yang telah diajukan tersebut.
  • Mengajukan pertanyaan ganda, sehingga siswa terpaksa melakukan beberapa tugas dalam waktu yang singkat. Misalnya: Apakah nama ibukota negara Republik Indonesia? Siapa presiden pertamanya? Apa dasar negaranya? …
  • Menentukan terlebih dahulu siswa yang akan menjawab pertanyaan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan siswa lain tidak memperhatikan pertanyaan guru. Pertanyaan yang diajukan sebaiknya ditujukan ke seluruh siswa, beri waktu untuk berfikir, lalu tunjuk siswa yang dipilih untuk menjawabnya.

Kelima prinsip penggunaan di atas hendaknya benar-benar diperhatikan oleh guru agar kegiatan yang dilaksanakan dapat menempatkan pertanyaan sesuai dengan fungsinya. Semoga ada manfaatnya!

22 thoughts on “Prinsip Penggunaan Keterampilan Bertanya”

  1. wah..
    petuah yang baik ni buat calon guru..

    tp ane g minat jadi guru gan,,abisnya sekeluarga guru semua..
    mau cari rasa baru..
    hehehe

  2. waduhhh… kali ini pak guru isman menjabarkan ilmu ketrampilan bertanya, saya ijin menyimak dunia pendidikannya bang isman 🙂
    salam hangat bang

  3. masih bisa di terapkan nih di kehdiupan n lingkungan saya pak, walaupun saya bukan seorang guru, tapi kebetulan ada kk guru saya CTRL D dulu pak,

    salam dan suport dari duniasharing

  4. Meski ini teori yang diberikan untuk guru, saya yakin bisa digunakan untuk umum.. misal digunakan untuk poresenter yang menyampaikan presentasi. Dengan prinsip ini, akan semakin membuat audiens lebih bisa menangkap informasi yang diberikan.

    Selamat beraktifitas ya masbro Isman, mohon maaf jika tidak selalu mampir disini karena garapan selalu menunggu serta koneksi yg kurang mendukung 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *