Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Remedial

Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang pengertian/defenisi pembelajaran remedial. Dari pengertian itu dapat diketahui bahwa tujuan pembelajaran remedial adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran agar dapat mencapai hasil yang lebih baik.

Julaiha (2007:9.5) mengemukakan tujuan pembelajaran remedial sebagai berikut:

  1. Secara umum tujuan pembelajaran remedial sama dengan tujuan pembelajaran biasa yaitu membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum yang berlaku. 
  2. Secara khusus tujuan pembelajaran remedial adalah membantu siswa yang belum menguasai materi pelajaran tertentu melalui kegiatan pembelajaran tambahan. Melalui kegiatan ini, guru memperbaiki cara mengajarnya dan siswa dibantu memahami/mengatasi kesulitan yang dihadapinya dengan memperbaiki cara belajarnya.

Selain tujuan yang dituliskan di atas, pembelajaran remedial sebagai keseluruhan proses pembelajaran memiliki beberapa fungsi penting dalam membantu mengembangkan kemampuan siswa secara optimal. Warkitri sebagaimana disampaikan oleh Julaiha menjelaskan 6 fungsi pembelajaran remedial, yaitu:

  1. Fungsi korektif (memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru). Berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar siswa, guru memperbaiki berbagai aspek pembelajaran (tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi). Siswa juga memperbaiki sikap dan cara belajaranya, sesuai dengan kelemahan/kelebihan yang dimilikinya.
  2. Fungsi pemahaman (meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan masing-masing). Bagi guru, untuk melaksanakan pembelajaran remedial terlebih dulu harus memahami kelebihan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Bagi siswa pula, melalui pembelajaran remedial akan lebih memahami kelebihan dan kelemahan dari sikap dan cara belajarnya.
  3. Fungsi penyesuaian (menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik yang dimiliki siswa). Dalam pembelajaran remedial, tujuan dan materi pelajaran yang disajikan harus disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi siswa serta menggunakan berbagai metode mengajar dan media pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh tanpa menimbulkan beban baginya.
  4. Fungsi pengayaan (memanfaatkan sumber belajar, metode mengajar, dan media pembelajaran yang bervariasi). Dalam pembelajaran remedial, guru dapat meminta siswa untuk mencari dan membaca buku dari sumber lain yang berkaitan dengan materi yang belum dikuasainya. Guru sendiri menerapkan berbagai metode dan alat bantu belajar yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga siswa lebih memahami materi pelajaran.
  5. Fungsi akselerasi (mempercepat siswa dalam menguasai materi pelajaran). Melalui kegiatan remedial siswa yang mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran tidak lagi tertinggal oleh teman-temannya karena guru telah membantu mempercepat mengatasi kesulitannya  dengan menambah waktu dan frekwensi pembelajaran.
  6. Fungsi terapeutik (membantu mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi). Kebanyakan siswa yang merasa dirinya kurang berhasil dalam belajar akan merasa rendah diri dan terasing dari teman-temannya yang lain. Melalui pembelajaran remedial siswa akan terbantu untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik sehingga tumbuh rasa percaya diri dan akhirnya tidak merasa rendah diri di hadapan teman-temannya.

Itulah tujuan dan fungsi dari perbaikan pembelajaran. Semoga pembelajaran remedial yang dilakukan guru sesuai dengan fungsi dan tujuannya!

8 thoughts on “Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Remedial”

  1. selamat siang pak,,,
    sya mau ambil penelitian tentang kegiatan pembelajaran remidial, tapi sya kesulitan dalam mencari sumber teori yang mendukungnya. sekiranya bpak dapat menolong sya. trimns seblumnya ?

  2. sy jadi sering berkunjung kemari nih sob coz bnyk materi yg benar2 sy butuhkan sebgi seorang pendidik :D

    terus update tntng metode2 pembelajaran y pak and ane request nih: bisa updatekn kisi2 soal UN 2012 u/ tingkat SD gk? ;)

    salam blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>