Migrasi ke WordPress (Self Hosting)

Hari ini, Kamis 22 Maret 2011 terwujudlah apa yang dulu kuinginkan. Selama ini Aku berbloging ria secara gratis-tiss di mesin blogger.com dengan halaman Isman Punggul, kini Aku migrasi dan upgrade domain di mesin WordPress.com dengan halaman Guru Kelas.

Ada perasaan sedih bercampur gembira!
1. Sedih karena:

  • Blog Isman Punggul yang sudah mulai dikenal oleh mesin pencari (google),
  • PR dah dapet 3,
  • Alexa terakhir 740rb-an,
  • Ada beberapa pengunjung unik yang me-bookmark,
  • Follower yang lumayan (301)
  • Kemudian waktu, tenaga, dan uang yang “diinvestasikan”

akhirnya jadi byuuuurrrrr…runtuh seketika.

2. Gembira karena:

  • Sudah punya uang untuk menyewa/beli hosting dan domain sendiri,
  • Keinginan punya blog profesional (kata orang sih) sudah terwujud.

3. Sedih campur gembira karena:

  • Mesin wordpressnya pake bahasa Inggris padahal Aku lebih mahir berbahasa Urdu, mungkin karena Aku lupa meninggalkan pesan untuk me-settingkan dalam bahasa Indonesia pada pihak webhosting yang me-settingkan blog woedpress pesananku. Terpaksa utak-atik dikit biar jadi berbahasa Indonesia (atau dibiarin aja!)
  • Timbul perasaan menyesal meninggalkan blog Isman Punggul yang bermesin Blogger.com, mesin yang kuanggap sangat jinak, mujurlah semua kontennya ikut migrasi jugak.

Semua sudah terjadi dan tak ada yang perlu disesali. Tinggal bagaimana upaya agar blog dengan domain baru ini bisa bertahan dan memberi manfaat bagi pengunjung.

Berbagi itu indah, bagikan ke ...

14 thoughts on “Migrasi ke WordPress (Self Hosting)”

  1. Migrasi ke wordpress self hosting | Guru Kelas I was suggested this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You are incredible! Thanks! your article about Migrasi ke wordpress self hosting | Guru KelasBest Regards Veronica

  2. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article. I will make sure to bookmark it and return to read more of Migrasi ke wordpress self hosting | Guru Kelas . Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

  3. Kalau saya ini sebenarnya ngeblog berdasar mood masbro. Saya sebetulnya sudah ngeblog sejak 3 taun lalu, selama 3 taun gonta ganti blog sampai 5 kali, permasalahannya adalah saya lupa login pakai email atau pasw apa hahahaha…..

    Ruang Inspirasi ini blog ke-5 dan bertahan sampai 6 bulan. Saya sebenarnya pingin punya blog berbayar, tapi masih belum tahu apa bakal terus ngeblog. Ingin cari uang di blog, tapi waktu dan kesabaran belum memihak. Jadi ya… sementara pakai ini dulu.

    Saya salut dg keputusan masbro, mendirect blog ber-PR3 ke blog baru. Moga aja blog barunya ini bisa cepat tenar seperti blog yg lama masbro. Tak ikut support disini deh 🙂

    1. Ternyata sudah blogger kawakan MasBro!
      Saranku terus ngeblog Mas, nanti blognya bisa dipakai “dalam rangka” apa saja. Termasuk cari duit, kahkahkah!
      Dan blog yang ke5 itu sudah sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi pengnjung, jangan sampai ditinggalkan. Apalagi kalau alasannya lupa password!

      1. Bukan blogger kawakan, tapi blogger angin²an hahahaha….

        Kemarin² ngeblog paling lama 3 bulan, terus sibuk di dunia nyata akhirnya males update. Setelah kembali, lupa pakai email yg mana. Maklum dulu saya suka klone email, buat nge-game facebook, skr udah males facebookan wakakkakwak 🙂

  4. wwaaah…..tambah ship aja Kang…hehehehe…yaa..semoga Harapan dari gurukelas.com dapat tercapai,,supaya Ndak Sia-sia…dan semoga bermanfaat n Barokah Kang…amien….

  5. bagus sih domain sendiri untuk kedepannya… tapi kenapa nggak buat baru aja kan yang lama masih jadinya punya 2 kalau masih sayang isman punggulnya… malahan saya juga kepingin beli domain, tapi nti deh nuggu ada duit dulu hehe…

    1. Benar Gan, Aku nyesal blog yg dah Oke kutinggalkan. Tapi ada sebabnya kok:
      “Gara-gara edit HTML ismanpunggu.blogspot.com, semua kontennya jadi ganda (autoduplikat), dan gak bisa kuperbaiki. Akhirnya kubulatkan tekad buat yg baru sekalian pindah mesin. Mujur konten yang ku import tidak bermasalah. Ya, resikonya 0 (nol) kembali”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *