Cara Membeli Hosting dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sudah siap untuk memiliki domain dan hosting sendiri? Atau masih perlu berfikir lagi dan masih perlu timbang sana timbang sini mengingat ribetnya puya blog dengan domain dan hosting sendiri?

Mula-mula memang timbul rasa was-was, apa lagi setelah mengetahui seringnya blog dengan domain dan self hosting mengalami error. Aku juga mengalami rasa was-was yang sama dan blog error beberapa kali. Jangan takut, support penyedia jasa layanan siap membantu kapan saja. Dan tanpa merekapun jika kita rajin googling semua permasalahan yang bakal atau sedang kita hadapi ada penyelesaiannya.

Domain bisa dibeli di penyedia jasa layanan yang sobat inginkan. Demikian juga dengan hostingnya. Namun sebelum order/membeli hosting, ada beberapa poin yang perlu perhatikan, antara lain:

  1. Supportnya gampang dihubungi dan siap menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan dengan memuaskan walaupun kadang butuh beberapa menit yang mungkin dikarenakan banyaknya calon pelanggan yang sama seperti kita di saat itu.
  2. Websitenya merupakan penyedia layanan yang terpercaya. Untuk mengetahui hal ini kita perlu bertanya sana-sini, melalui googling, atau di forum para blogger serta testimonial yang ada di halamannya.
  3. Cari tahu sudah berapa lama website tersebut melayani pelanggan dan berapa PR yang disandangnya. Caranya kunjungi webnya dan lihat arsip atau umur suatu postingan, bisa juga dilihat melalui pengaya mozilla (add on) “SeoQwake” di kolom “age” dan “PR”. Semakin berumur dan ber-PR tinggi websitenya, berarti semakin cocok untuk kita membeli hosting di sana.
  4. Perhatikan juga Alexa Ranknya. Ini dapat diketahui dari (add on) “SeoQwake” dikolom “a Rank” atau melalui http://www.alexa.com. Semakin kurus (kecil) peringkat alexanya maka semakin baguslah websitenya. Usahakan pilih website penyedia jasa layanan hosting yang alexa ranknya dibawah 20ribuan.
  5. Berhati-hati dengan harga hosting yang sangat murah dan tidak wajar jika dibanding dengan harga yang disediakan hosting lain. Jangan sampai membeli hosting dengan harga murah tetapi kualitasnya murahan.
  6. Perhatikan software pendukung dan fitur tambahan yang disediakan. Misalnya sofware yang digunakan adalah diantara versi terkini yang mudah dioperasikan dan fitur tambahannya mendukung keinginan kita seperti add on domain, subdomain, email, dan lain-lain.
  7. Sewa/belilah hosting dengan kapasitas sesuai kebutuhan kita terlebih dahulu dan upgrade jika memang diperlukan. Untuk blog ini Saya pilih yang standar dengan space 50MB banwidht 2Gb.
  8. Order/pesanlah domain-hosting dengan YM aktif pada support sales pihak penyedia jasa layanan untuk mempermudah jika mengalami kesulitan.

Itulah beberapa poin yang perlu diperhatikan jika ingin membeli/sewa hosting. Poin itu pulalah yang pernah kuperhatikan saat Saya akan membeli/menyewa hosting. Seterusnya, manatau ada yang ingin mengikuti jejakku bagaimana cara order/pesan domain hosting, di bawah ini adalah langkah-langkahnya. Tapi waktu itu yang kulakukan adalah order/pesan domain satu paket dengan hostingnya. Ada kelebihan jika kita pesan domain hosting di tempat penyedia layanan yang sama. Kalau belinya di idwebhost, kita gak perlu lagi setting domain-hosting, langsung siap pakai. Nih dia langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi website penyedia jasa layanan yang dianggap bermutu. Sebaiknya yang punya orang Indonesia saja karena jika terjadi hal yang gak diingikan akan gampang mengkomunikasikannya.
  2. Walaupun setiap website tampilan halamannya berbeda, tetapi biasanya ada kesamaan pada menunya. Pilih dan klik menu order now/pesan sekarang atau pilih paket, maka kita akan dibawa ke tampilan yang berisi form untuk mengetikkan alamat URL yang diinginkan.
  3. Ketikkan URL atau domain yang bakal dipilih dan gunakan. Misalnya domainku.com atau yang berekstensi lain semacam .net, .info, dan lain sebagainya (cek ketersediaannya). Jika alamat URL yang kita ketikkan tersedia, silahkan lanjut kelangkah berikutnya.
  4. Isi  data-data diri dengan lengkap sesuai yang diminta di kotak yang tersedia. Isi bagian yang wajib saja, biasanya ditandai dengan simbol bintang (warna merah). Lalu beri tanda centang pada kotak kecil yang berisi tulisan bahwa kita telah membaca dan setuju dengan perjanjian yang ada. Klik lanjut.
  5. Ikuti terus dan terus, lengkapi apa-apa yang diminta pada masa pendaftaran itu, klik lanjut.
  6. Terakhir tranfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang di pesan ke no.rek tujuan seperti yang diminta oleh pihak penyedia jasa layanan hosting.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan cara menghubungi pihak penyedia jasa layanan bisa melalui SMS, YM, atau e-mail. Biar prosesnya cepat komfirmasikan saja melalui YM, dan tunggu beberapa saat orderan akan siap yang mereka sampaikan melalui e-mail kita yang isinya tntang cara login ke dashbor dan cpanel, …
  8. Tara…,sekarang kita telah memiliki hak penuh untuk mengolah blog baru dengan domain dan atau hosting sendiri. Hehe!

Paket yang dipesan biasanya diberi tenggang waktu 1 minggu untuk pembayaran. Jika dalam masa tersebut tidak melakukan tansfer untuk membayar pesanan maka alamat yang  diinginkan/sudah dipesan akan dihapus dari kepemilikan dan alamat itu akan bisa digunakan oleh orang lain.

Masih mengalamai kesulitan? Tanyakan saja langsung kepada pihak penyedia jasa layanan melalui YM, mereka pasti meresponnya dengan baik. Semoga pengalaman yang dishare di atas bermanfaat.

Sumber lain: http://www.drimspc.com/tips-membeli-hosting.html

3 comments

  1. Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend
    your web site, how can i subscribe for a weblog website?

    The account helped me a applicable deal. I were a little bit acquainted of this your broadcast offered
    bright transparent concept

  2. zacky says:

    Kalo lagi butuh resource yang tulen sebaiknya cari sobat yang pegang VPS atau DEDICATE sendiri, terus legoin deh biar dibagi jatah space hosting.
    Atau cari aja lagi temen yang sama2 punya masalah serupa yakni “butuh resource tinggi”, terus ajak patungan buat sewa VPS.

    nice share pak,
    tetap semangat dan terus berkarya….
    :D :D

    • admin says:

      Kalau ada, ya mau aja Mas. Sayangnya temen temen blogger kenalnya cuma di dunia maya.
      Lagi pula susah nanyain siapa yg pakai VPS…
      Masih semangat mas, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>