Cerita Pertama Upgrade Domain Hosting di Idwebhost

Tidak ada persyaratan khusus yang perlu dimiliki seseorang untuk membeli atau menyewa domain/web hosting. Karena pada umumnya blogger yang ingin meng-upgrade blognya sudah pernah/sedang memiliki sebuah/beberapa blog di domain dan web hosting gratisan, maka persyaratan yang paling umum adalah sudah bisa menyisihkan uang untuk membeli domain dan sewa web hosting serta memiliki kemauan untuk upgrade. Minimal sudah ada tekad untuk memiliki domain ekstensi dan webhost sendirilah ya.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan jika ingin upgrade blog? Saranku;

  • Pastikan terlebih dahulu apakah Anda akan membuat blog baru atau mengimpor blog lama berdomain gratis ke domain berbayar.
  • Jangan bertindak terburu-buru yang dapat menimbulkan penyesalan di belakang hari, seperti yang kualami.
  • Langkah selanjutnya jika sudah mantep tinggal order ke penyedia layanan domain dan web hosting. Anda bisa googling untuk mengetahui penyedia layanan yang mana yang terbaik.
  • Karena kita orang Indonesia, ya paling tidak gunakanlah penyedia layanan yang ada di Indonesia, biar tampak Indonesia banget. Lagi pula “pelayannya” pasti bisa berbahasa Indonesia.

Aku tidak merayu atau berharap agar Anda memilih jasa layanan yang kupakai. Yang kushare di sini adalah pengalaman nyataku memilih penyedia layanannya.
Saat sobatku Mas Adit meng-upgrade blogspot.com-nya menjadi .com, Aku jadi iri (kepengen gituloh). Langsung Aku googling sana-sini, wawh…ternyata ada ratus atau ribuan yang menyediakan layanan domain dan hosting. Jasa layanan yang mana yang akan kupakai? Gak tau, bingung. Dengan malu-malu kukonfirmasikan maksudku kepada Mas Adit. Sarannya sih Idwebhost saja, bagus pelayanannya.

Pertama kali yang kulakukan adalah “tanya-tanya dulu”. Weleh…, gak nyangka semua pertanyaan yang kuajukan di Idwebhost dijawab oleh “pelayannya” dengan penuh perhatian dan sesuai dengan yang kuinginkan. Keraguan yang mula-mula bermunculan akhirnya hilang digasak kepiawaian mereka “melayani” calon pelangganya. Gak puas tanya-tanya melalui YM, kukirim pula pertanyaan pamungkas melalui e-mail. Dan jika yang inipun dijawab oleh mereka dengan memuaskan, tanpa ragu aku akan memakai jasa layanan mereka. Apa pertanyaan pamungkasku itu? Ini pertanyaan pemula loh, jadi gak profesionallah nanya kayak dibawah ini, kehkehkehkehkeh:

Jika nantinya saya membuat blog bermesin wordpress dgn selfhosting;

1. Bagian apa/mana saja pada domain dan hosting yang WAJIB saya setting?
2. Dari mana kita login jika ingin posting tulisan di blog, apakah
masuk dari cpanel atau masuk langsung dari wordpress.com?
3. Apakah “idBloghosting Standar” sudah cukup baik/pas jika hanya untuk berblogging ria+nyimpan sedikit file?
4. Apakah file yg disimpan di host bisa diunduh oleh orang lain jika kita menyediakan linknya?

Terima kasih sebelumnya, salam sukses!
_Newbie

Dan berikut ini pula jawaban singkat dari mereka;

Yth Isman punggul,

Terimakasih telah menghubungi IDwebhost,
1. Jika domain dan hosting order bersamaan satu paket anda tinggal menggunakan domain dan hostingnya saja tanpa perlu setting di domainnya.
2. Untuk mengelola hosting melalui cpanel, tetapi untuk mengelola wordpressnya (posting, instal plugin, theme) bisa melalui wp-admin wordpressnya.
3. Iya, untuk web blog bisa menggunakan paket di idbloghosting.com, karena sudah satu paket domain+hosting+wordpress.
4. Iya bisa.

Demikian informasi dari kami. Jika masih ada yang ditanyakan silakan hubungi
kami kembali. Terima kasih.

Hormat kami,
Juli Isnawanto

Benar! Tidak ada bagian yang kukutak-katik, Aku langsung bisa ngeblog. Tapi…baru beberapa hari menikmati domain dan hosting berbayar, blogku “Guru Kelas” sengaja dihack atau terhack. Aku gak bisa login ke dashboard dan cpanel, blogkupun gak bisa diakses. Kuadukan masalahku ke pihak Idwebhost melalui YM. Mereka sarankan agar Aku mengadukan masalahku melalui email ke support idwebhost. Mereka bilang butuh waktu max 1×24 jam untuk memperbaiki. Ternyata gak sampe 24 jam (sekitar 45 menit) blogku dah muncul dan Aku dah bisa login ke dashboard/cpanel. Pesan penting yang dikirim pihak idwebhost melalui email adalah agar Aku segera menukar dan memperumit sandi/passwordku. Iyalah selama ini pula passwordku kubuat gampang saja. Mau tahu alamat blog yang ngejahilin blogku gara-gara tingkat sistem keamananku rendah? Alamatnya: http://www.zone-h.org/ dan kondisi blogku mengenaskan seperti yang terlihat di sini (perhatikan URL blog Guru Kelas yang nempel di sana).

Terakhir, jika Anda sobat blogger ingin upgrade domain hosting maka saranku:

  • Kunjungi halaman (blog) yang menyediakan layanan domain hosting yang mungkin akan anda pilih. Perhatikan apakah blog tersebut cepat atau lelet loadingnya. Cari tahu sudah berapa lama mereka berkecimpung di bisnis layanan itu?
  • Ada berapa orang yang online support saat itu. Disarankan kalau berkunjung jam 3 dini hari, untuk mengetahui apakah ada yang online support gak pada jam tidur seperti itu. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi masalah (kapan saja) bisa segera langsung diatasi.
  • Perhatikan pula kualitas pelayanannya, jangan hanya karena harga murah langsung tergiur. Apa saja layanan yang mereka sediakan.
  • Coba godain online supportnya dengan beberapa pertanyaan seputar layanan yang disediakannya.
  • Luangkan sedikit waktu untuk membaca testimonial dari beberapa pelanggannya. Kalau banyak komentar positif dari pelanggannya maka penyedia layanan jasa domain hosting ini memang pantas untuk dipilih.

Ada saran yang lain? Silahkan tuliskan saran Anda di kotak komentar!
Semoga ada manfaatnyalah ya…

14 thoughts on “Cerita Pertama Upgrade Domain Hosting di Idwebhost”

  1. Woah this blog is great i love studying your articles. Keep up the good work! You know, lots of persons are searching around for this info, you could help them greatly.

    1. Ah masa iya Gan?! Aku malah baru tau. Apa testimonial yang dipajangkan yang bagus-bagus saja ya?

  2. tetap semangat pak,
    jangan lupa backup database secara berkala demi keamanan, terutama kalo trafik dah mulai melimpah, siap2 aja dengan halaman suspend, atau ada baiknya diskusikan lagi ke providernya perihal “resource” dan “trafik”.

    cz di beberapa provider yg katanya PRO malah delete akun karena nggak mau pusing urusin salah satu webhost saya yang tersuspend oleh system mereka, padahal masa sewanya masih mayan lama [sungguh terlalu]. Dan kalo dah nemuin masalah ky gitu mungkin pake VPS lah yg menjadi solusi terbaik.

    salam kenal dan hepibloging…..
    😀

    1. Ya, semangat Mas! Kalaupun nantinya ada kejadian yang tak diingini apa boleh buatlah. Mudah-mudahan providernya tetap OK. Terima kasih dah mampir ya.

  3. Yang namanya perubahan tu pasti ada – ada saja ceritannya. Sampai beberapa waktu yang lalu blog gurukelas.com di hack sama orang yg ga jelas. Tapi tenang aja pak saya yakin yang namanya perubahan yang postif mendatangkan hasil yang postif pula. Anggap saja mereka hanyalah orang – orang frustasi yang tidak menyukai terhadap blog professional seperti blog ini. Semoga pak isman bisa sukses dengan Blog Gurukelas.com ini. Semangat, semangat 😀 😀

  4. blog sefthosting rawan kena hack mas bro. saran klo ingin pindah ke hosting berbayar belajar standart security website dulu de. biar blog aman dari tangan jahil para hacker.

    1. Benar Mas, baru-baru ini blogku juga kena hack. Untung penyedia jasa layanan bersedia membantuku…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *