Prinsip Pemilihan Metode dan Kegiatan dalam Pembelajaran Remedial

Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang prinsip pelaksanaan kegiatan dalam pembelajaran remedial. Kali ini pembahasan akan dilanjutkan tentang prinsip pemilihan metode dan bentuk kegiatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran remedial.

Menurut Wardani (dalam Julaiha, 2007), ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bentuk kegiatan dan metode yang akan diterapkan dalam pembelajaran remedial yaitu:

  1. Memanfaatkan latihan khusus. Latihan khusus ini diberikan terutama bagi siswa yang memiliki daya tangkap lemah atau di bawah rata-rata.
  2. Menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki oleh siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar terkadang ditemukan siswa yang dengan mudah memahami materi pelajaran hanya melalui penjelasan guru secara lisan, ada yang mudah memahami jika disertakan gambar atau alat bantu belajar lainnya, ada pula yang baru dapat memahami materi pelajaran jika diberi kesempatan untuk menerapkan konsep secara langsung. Masing-masing kekuatan siswa dengan gaya belajarnya itu harus dimengerti dan dipahami oleh guru agar lebih memudahkan siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya.
  3. Memanfaatkan media belajar/alat peraga yang multi-sensori. Dengan memahami berbagai kekuatan siswa dan gaya belajarnya, guru harus mengimbanginya dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai media belajar/alat peraga dalam membahas materi pelajaran.
  4. Memanfaatkan permainan sebagai sarana belajar. Yang perlu diingat adalah bermain sambil belajar silahkan, asalkan jangan belajar sambil bermain. Dengan memanfaatkan permainan sebagai sarana belajar akan sangat membantu memotivasi siswa yang selama ini kurang memiliki motivasi untuk belajar. Dan biasanya siswa akan lebih menyukai permainan sebagai sarana belajar. Hal ini telah kubuktikan sendiri dan pengalaman itu dapat anda simak di 8 ciri guru yang disukai siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>