Cara Menambah/Memasang Plugin di Blog WordPress

Sebelum masuk ke cara menambah /memasang plugin di blog, ada baiknya diketahui terlebih dahulu apa itu plugin. Berikut ini adalah penjelasan tentang plugin yang dikutip langsung dari wikipedia:

Colok-masuk (bahasa Inggris: plug-in) adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar colok-masuk dapat berinteraksi dengan program utama, dan menampilkan jenis berkas baru. Pengaya atau pasang tambah (add-on) juga sering dianggap sebagai istilah umum yang meliputi pengaya tertambat (snap-ins), colok-masuk, ekstensi, dan tema.

Ada ratusan atau mungkin ribuan plugin yang tersedia untuk pengguna wordpress (self hosting), baik yang gratis maupun berbayar. Mungkin itulah salah satu kelebihan wordpress (self hosting), dimana pengguna tidak perlu mengutak-atik kode untuk mempercantik dan melengkapi tampilan blog. Kita hanya perlu mencari dan mengunduh plugin sesuai kebutuhan kemudian aktifkan!

Selanjutnya, bagaimana cara memasang/menambah plugin pada blog? Sebenarnya masing-masing penyedia plugin telah menyertakan cara pemasangannya melalui notepad (readme). Jadi yang akan diuraikan berikut ini adalah pemasangan plugin secara umum (tidak melalui FTP)

  1. Pada halaman dashbor, arahkan mouse pada menu Plugins yang ada di bagian kiri, akan muncul beberapa submenu.
  2. Pilih Add New dengan cara mengkliknya. Di bawah judul tulisan (Install Plugin) terdapat menu: Search | Upload | Featured | Popular | Newest | Recently Updated, Upload jika dikomputer kita telah tersimpan unduhan plugin sebelumnya (misalnya diunduh dari http://wordpress.org/extend/plugins/), Featured (jika diklik) akan disuguhkan plugin yang menurut sumbernya merupakan plugin istimewa, Popular (jika diklik) akan disuguhkan plugin populer, Newest (jika diklik) akan disuguhkan plugun terbaru, dan Recently Updated (jika diklik) akan disuguhkan plugin yang baru saja diperbarui.
  3. Abaikan menu: Search | Upload | Featured | Popular | Newest | Recently Updated, karena kita akan memasang plugin sesuai dengan keinginan kita.
  4. Di bawah kotak Search terdapat kotak isian pencarian, ketikkan nama sebuah plugin yang ingin dipasang misalnya Google XML Sitemaps. Tunggu sebentar dan akan muncul beberapa plugin sejenis.
  5. Pilih plugin yang menurut kita paling sesuai (kabarnya yang bintangnya banyak menyala, itu yang bagus), klik tulisan Install Now yang terletak di sebelah kanan tulisan Details.
  6. Plugin sudah terpasang dan tinggal mengaktifkannya. Klik tulisan Activate Plugin yang terletak di sebelah kanan tulisan Action.
  7. Selesai.

Sekarang plugin yang terpasang dan telah diaktifkan siap untuk bekerja di blog wordpress. Masuk kembali ke menu Plugins dan klik tulisan Editor untuk menyetelnya (setting). Cari plugin yang ingin disetting dengan mengklik panah turun (dropdown) yang terletak di sebelah kanan tulisan S dan klik tulisan Select jika sudah ketemu.

Cara setting plugin bisa bermacam-macam sesuai dengan pengembang dari masing-masing penyedia. Saran, biarkan plugin bekerja apa adanya. Ingin mensettingnya juga? Silahkan kunjungi blog development dari masing-masing pengembang plugin tersebut. Di sana akan dijelaskan dengan rinci tentang seluk beluk plugin yang kita gunakan, termasuk cara settingnya.

11 comments

  1. wwwooooww… banyak ilmu disini. Alhamdulillah membantu banget pak guru. Thanks semua infonya… Saya nantikan kunjungan baliknya pak guru…

  2. nksih atas bntuan dan tutorialnya mas,membntu skli :)

  3. Ini yang lagi saya cari2 :) Sekarang blog saya http://kamaltrainings.wordpress.com/belajar-myob-online/ masih wp gratisan. Rencananya mau dialihkan pake hosting dan info ini sangat bermanfaat sekali. Terima kasih Pak Guru…

  4. subki says:

    setiap saya buka blog saya pasti muncul kalimat, plugin tambahan diperlukan untuk menampilkan semua media di laman ini ( kiri atas ) dan pasang plugin yang belum tersedia ( kanan atas ) apa maksudnya, dan tiap kali saya mau pasang jam/kalender selalu tidak berhasil, pasti muncul plugin belum tersedia, bagaimana caranya, tolong bagi ilmunya

  5. ahmad says:

    saya baru buat blog di wordpress, koq tidak ada menu plug in ya? disebelah kiri ga ada

    • admin says:

      Coba bersihkan dulu cache, cookie, atau riwayat internet dan mulai refresh halaman. Kalau gak bisa juga silahkan ditanyakan saja ke penyedia layanan hosting atau forum WP.

  6. Desi Purnama says:

    ini dia yg dicari cari smpet bingung ganti pake wordpress :(
    mkasih om

  7. Sangat menarik, pengetahuan yg sangat brmanfaat tuk para bloger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>