Cara Mengembalikan Blog WordPress yang Error Melalui cPanel

Ada pengalaman menarik! Dua hari yang lalu Aku sempat “galau” dibuat blog yang kukelola ini, sampai gak nyenyak tidur. Gara-gara ingin berusaha mengamankan blog wordpress dari orang iseng yang nakal, kuikutilah TIPS dari wordpress.or.id miliknya Mas Lutvi Avandi: Keamanan Maksimal WordPress.

Awalnya berjalan normal, tapi saat kuikuti tips untuk menyembunyikan versi wordpress Aku lupa backup datanya. Dan, sial…!!! Blog dan URL untuk masuk ke dasbor (wp-admin) jadi error dan yang muncul hanya pesan seperti berikut:

Parse error: syntax error, unexpected T_ENCAPSED_AND_WHITESPACE, expecting ‘)’ in /home/admin/public_html/wp-content/themes/simply-works-core/functions.php on line 56

Tempo beberapa detik mengembun keringat dingin dikeningku. Maklum Aku yang terbilang baru di wordpress harus menerima kenyataan pahit. Blogku error Gan! Mujur cpanelnya tetap normal.

Saat itu juga langsung kuhubungi seseorang, tempat Aku sewa hosting melalui YM. Intinya; karena kesalahan yang terjadi disebabkan ulah pelanggan, mereka tampak keberatan menanggapinya. Namun disarankan menghubungi supportnya lewat e-mail yang dikirimkan. Kutulis dan kukirimkan e-mail kepada support yang berisi permohonan/minta tolong agar mereka sudi memulihkan blogku. Sampai pukul 8 pagi Aku belum menerima balasan dari email yang kukirimkan. Mungkin supportnya sedang melayani pelanggan lain.

Kugoogling sana-sini tapi tidak menemukan jawaban. Kebanyakan yang kutemukan adalah cara memperbaiki theme melalui halaman admin, kenyataannya halaman adminku gak muncul (yang muncul pesan error saja). Entah bagaimana asalnya tiba-tiba ideku muncul. Langkah mudah berikut inilah yang kulakukan. Sobat bisa ikuti langkahnya jika mengalami error yang sama dan belum menemukan solusinya.
Langkah pertama:

  1. Teliti pesan errornya. Di sana ada tertulis “public_html/wp-content/themes/simply-works-core/functions.php on line 56″. Kata kunci pesan errornya ada pada kata terakhir “functions.php on line 56″ dengan thema yang kupakai “simply-works-core“. Kata kunci itu tergantung dari kesalahan yang kita lakukan. Kebetulan kesalahanku terjadi saat Aku mengedit kode functions.php.
  2. Berusahalah untuk sampai ke “functions.php on line 56″, dengan cara masuk ke cpanel.
  3. Klik file manager, pilih Web Root (public_html/www) dengan memberi tanda tik, centang Show Hidden Files (dotfiles) dan klik go (biasanya dibawa ke window baru).
  4. Klik 2 kali pada gambar/folder yang di sebelah kanannya bertuliskan wp-content.
  5. Klik 2 kali gambar/folder yang di sebelah kanannya bertuliskan theme.
  6. Klik 2 kali gambar/folder theme yang digunakan saat terjadi kesalahan (untuk blog ini simply-works-core).
  7. Klik 1 kali gambar/folder yang di sebelah kanannya bertuliskan functions.php dan klik gambar yang dibawahnya bertuliskan edit pada barisan menu paling atas, akan muncul popup window yang berjudul text editor dengan pesan untuk backup.
  8. Abaikan pesannya, langsung klik tulisan edit yang ada di kanan bawah kotak popup. Hapus semua kode, sampai di sini biarkan dulu.

Langkah kedua:

  1. Buka blog dimana anda mendapatkan theme yang digunakan. Untuk blog ini adalah wordpress.org. Jadi alamat themenya: http://wordpress.org/extend/themes/simply-works-core. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan theme yang sedang digunakan.
  2. Cari riwayat revisi theme dan sesuaikan dengan yang digunakan. Untuk theme blog ini terdapat di sebelah kanan pada bagian widget kecil urutan 3 (judul widgetnya FYI). Klik tulisan SVN, maka akan di bawa ke halaman rekod revisi theme.
  3. Jika theme yang dipakai adalah edisi terkini, klik saja revisi urutan terakhir (sesuaikan dengan yang digunakan pada blog).
  4. Klik function.php, copy semua kode dan pastekan pada puction.php cpanel yang kodenya telah dihapus pada langkah pertama poin 8
  5. Klik tulisan save changes yang terletak di sudut kanan atas.
  6. Buka blog atau  halaman login admin, jika tidak terjadi kesilapan pasti beruntung.

Itulah langkah mudah mengebalikan blog dan halaman login yang error akibat dari utak-atik theme yang lupa backup.

Menurutku jika terjadi kesalahan yang sama tetapi bagian yang diedit berbeda (misalnya edit single.php), maka langkah di atas bisa juga dipraktekkan dengan syarat memperhatikan letak kesalahan yang menyebabkan errornya. Untuk menyiasati pesan errornya gampang. Yaitu dengan mengurutkan kesalahan pesan. Misalnya untuk kasus ini pesan errornya ada pada (kata in): in /home/admin/public_html/wp-content/themes/simply-works-core/functions.php on line 56. Maka dapat dijelaskan kesalahan ada pada halaman home, admin, public_html, wp-content, theme (yang dipakai: simply-works-core), function.php pada baris 56.

Semoga bermanfaat!

27 thoughts on “Cara Mengembalikan Blog WordPress yang Error Melalui cPanel”

  1. Gan kalau punya saya itu blognya gak bisa dibuka kembali. Itu karena saya mencoba mengganti URL blog saya, setelah saya save ternyata malah logout dan blog saya tidak bisa dibuka kembali.

    Entah dengan alamat URL yang lama maupun yang baru saya ganti. Itu solusinya gimana ya?

    Mohon jawabannya gan karena saya sangat butuh ini.
    Thanks sebelumnya.

  2. ketemu juga ni sama tutorialnya… barusan hampir gantung diri pake karet gelang hehe… ane coba pasang script iklan di single.php tepatnya mengganti script hasilnya GATOT alias gagal total.
    setelah baca tutorial dari Guru Kelas langsung ane coba dan trereeeet Berhasil…berhasil. makasih Guru by. admin http://www.bu-banten.com

  3. Alhamdullilah Masbro telah berhasil, ini gara2 nya mau nambahin breadcrumbs di blog dengan otak-atik file functions.php nggak tahunya malah blank page. Terima kasih.

  4. mohon bantuan brader.udah googling kesana kesini,gak ada panduan yg mujarab..hehehe.wp-admin dan linknya pun eror bermasalah abis upgrade ulang(mahklum newby),belum ada dokter yang bisa sembuhin neh..coba cek ke tkp ya bray..ketumbel.com/wp-admin.atas bantuan’a terima kasih.

    1. Memang kadang-kadang walau dah gooling sana sini belom nemu yang nyos,
      kalau dah buntu minta bantuan ama support webhost-nya aja Mas…

    2. Memang kadang-kadang walau dah gooling sana sini belom nemu yang nyos,
      kalau dah buntu minta bantuan ama support webhost-nya aja Mas…

  5. Minta tolong banget bisa gak mas?
    jadi account W saya ,saya daftarin ke widget ALL in one seo,tapi malah jadi eroor,besok harinya saya masuk ke admin malah empty sceer T_T

    1. Diinstal ulang aja Mas. Atau kalau sudah domain sendiri minta bantuan ama support webhostnya…

  6. alhamdulillah nemu tips ini…
    awalnya keringat dingin saya muncul karena akun wp kena pesen eror “Parse error: syntax error, unexpected ‘,<
    untungnya saja karena tips ini wp ku bs selamat…
    makasih mas..

  7. makasih tipsnya ya mas..
    beruntung nemu tips ini karena barusan error jg krn abis masukin script di function..tapi saya malah ga ada pesan errornya..blank aja..
    saya ikutin langkah pertama karena td saya sempet save yang asli sebelum edit, dan berhasil.. :)

    1. Saya dah kunjungi blog Mas Bobby. Tampaknya Mas bobby dah uprek cPanel ya?! Ada pesan error (mungkin internal server) dan halaman postingnya blong.
      Kalau penyebabnya karena utak-atik cPanel, maka memulihkannya dari cPanel juga.

      Saran:
      1. Hati-hati kalau uprek cPanel, mending di back-up dulu.
      2. Minta bantuan pada penyedia layanan jika memang sewa hosting.
      3. Jangan putus asa, saya beberapa kali mengalami hal yang sama dgn Mas Bobby sampai keringat dingin di kening. Dengan googling kadang bisa menemukan solusinya.

  8. Sebelumnya saya juga pakai wordpress dan pernah mengalami error seperti ini, ternyata mudah sekali cara memperbaikinya tapi sekarang sudah beralih ke blogspot. Thanks info bermanfaatnya.

    1. Saya pemula di WP Mas, jadi masih banyak hal yang belum kuketahui.
      Menurutku lebih aman menggunakan blogspot.

  9. Sebuah tulisan yang enarik dan mendidik, mudah-mudahan saja banyak sobat yang mengalami masalah serupa diarahkan om Google ke artikel ini, dan sebenarnya mengalami hal2 seperti diatas merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi pengguna WordPress selfhost.

    terus berkarya ya pak…,
    :)

    1. Sekedar catatan pribadi Mas Zacky. Bagi newbi kayak Saya, serasa gak nikmat bangetlah ngalami error.
      Terima kasih dukungannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>