Keterampilan Dasar Mengajar: Membuka dan Menutup Pelajaran

Pada postingan terdahulu telah dibahas tentang keterampilan dasar mengajar: bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, dan menjelaskan. Seorang guru akan sangat membutuhkan keempat keterampilan dasar tersebut ketika akan menerapkan keterampilan dasar mengajar yang akan dibahas kali ini, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran.

Pada dasarnya keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh seorang guru dalam memulai dan mengakhiri suatu pelajaran. Soli, Ambimanyu (2008) secara singkat mengemukakan bahwa membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari. Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran.

Hal senada juga disampaikan oleh Wardani dan Julaeha (2007) bahwa kegiatan membuka pelajaran merupakan kegiatan menyiapkan siswa untuk memasuki inti kegiatan (kegiatan inti) sedangkan menutup pelajaran adalah kegiatan untuk memantapkan atau menindaklanjuti topik yang akan dibahas. Jika dalam satu kegiatan pembelajaran membahas beberapa topik maka kegiatan membuka dan menutup pelajaran dapat terjadi beberapa kali (di awal dan akhir setiap penggal kegiatan).

Kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan guru harus berkaitan langsung dengan pambahasan materi pelajaran. Kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pembahasan materi pelajaran tidak termasuk dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran, misalnya kegiatan yang berkaitan dengan administrasi guru termasuk didalamnya memeriksa kehadiran siswa, menyiapkan bahan ajar.

Penerapan kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru memiliki beberapa tujuan (Wardani dan Julaeha, 2007), yaitu:

Tujuan membuka pelajaran

  • Menyiapkan kondisi siap mental siswa untuk mengikuti kegiatan inti pelajaran
  • Membangkitkan motivasi dan perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran
  • Memberikan gambaran batasan-batasan tugas atau kegiatan yang harus dilakukan siswa
  • Menyadarkan siswa akan hubungan antara pengalaman/bahan yang sudah diketahui dengan yang akan dipelajari
  • Memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilalui siswa

Tujuan menutup pelajaran

  • Memusatkan perhatian siswa pada akhir pelajaran
  • Memberi pemahaman yang utuh dan mantap tentang materi yang baru dibahas
  • Mengetahui tingkat pencapaian hasil pelajaran yang telah dilakukan (guru dan siswa)
  • Memberikan tindak lanjut yang diperlukan sesuai hasil pembelajaran yang dicapai

Kegiatan membuka dan menutup pelajaran merupakan keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai dan diterapkan oleh guru. Jika keterampilan ini lalai dalam menerapkannya maka kegiatan pembelajaran akan menjadi tidak terarah dan akan mempengaruhi penguasaan pemahaman siswa akan pelajaran.

4 comments

  1. […] prinsip, dalil, hukum atau prosedur dari inti pokok bahasan yang telah dipelajari. Pada dasarnya keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh seorang guru […]

  2. urang kapuas says:

    setuju sekali pak guru, tapi itu biasanya jarang sekali dilakukan oleh guru. dilakukan jika ada perteching saja. atau kegiatan lainnya, hari-harinya kurang dilakukan. oke trim infonya menarik sekali

    • admin says:

      Ya, itu namanya guru yang gak betul Gan. Masa kegiatan sepenting itu jarang dilakukan?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>