Prinsip Penggunaan Keterampilan Menjelaskan

Kelas selalunya didominasi oleh pembicaraan yang dilakukan guru dalam mempengaruhi siswa secara langsung. Dan hampir semua materi yang disampaikan guru di dalam kelas disajikan dengan menggunakan ceramah yang erat kaitannya dengan keterampilan menjelaskan.

Setelah guru memahami komponen-komponen dari keterampilan menjelaskan seperti yang telah dijelaskan pada postingan terdahulu, maka agar penjelasan yang diberikan menjadi efektif sebaiknya diperhatikan pula prinsip penggunaannya.

Penjelasan pada dasarnya dapat dilakukan/diberikan pada awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Dalam memberi penjelasan guru harus memperhatikan materi yang dijelaskan dan karakteristik siswa yang menerima penjelasan. Wardani dan Julaiha (2007:7.59) mengemukakan beberapa prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyajikan penjelasan:

  1. Memperhatikan kaitan antara bahan yang dijelaskan, siswa (pendengar), dan guru (yang menjelaskan). Dengan memperhatikan adanya kaitan yang jelas dari ketiga komponen tersebut maka bahan yang dijelaskan guru akan sesuai dengan khazanah pengalaman dan latar belakang siswa.
  2. Penjelasan dapat diberikan pada saat pembelajaran bermula, di tengah pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran. Waktu yang paling tepat untuk menjelaskan adalah kapan penjelasan itu diperlukan.
  3. Penjelasan yang diberikan harus bermakna dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hindari penjelasan yang panjang lebar dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akhirnya membingungkan siswa.
  4. Penjelasan dapat disajikan sesuai dengan rencana guru atau bila kebutuhan akan suatu penjelasan muncul dari siswa, misalnya siswa mengajukan suatu pertanyaan yang memerlukan penjelasan.

Itulah prinsip penggunaan keterampilan menjelaskan yang dikemukakan oleh ahli pendidikan, diharapkan selain memahaminya guru juga mampu dalam menerapkannya di kelas. Semoga bermanfaat!

17 comments

  1. This posting has been saved like a favorite :), I like your site!

  2. Hello,I like to find out more on this subject. Thank you for publishing Prinsip Penggunaan Keterampilan Menjelaskan | Guru Kelas.

  3. Great posting. Tidak sabar untuk membaca yang seterusnya:)

  4. Sebagai Newbie, saya selalu mencari dalam talian untuk artikel yang bisa membantu saya. Terima kasih Wow! Terima kasih! Saya selalu ingin menulis dalam sesuatu laman saya seperti itu. Bolehkah saya mengambil bahagian dari posting anda ke blog saya?

  5. I have recently started a blog, the info you offer on this site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.

  6. lasino says:

    makasih atas kunjungannya sobat, ini saya kunjung balik, maka saran masukkan sangat harapkan sobat.

  7. ropink says:

    banyak ilmu di sini, ijin menyimak Pak/Bu Guru

  8. Saya sangat menghargai setiap membaca informatif sini. Saya tentu akan menyebarkan frase tentang situs Anda dengan orang-orang. Ceria.

  9. kangtok says:

    numpang blajar disini, kang…. kalau utk menjelaskan dalam bentuk text/tulisan/artikel, tu bgmn tehnik/patokan-nya, kang … pengin jadi “guru” jarak jauh nih … hehehe .. mksh
    “http://kangtokkomputer.weebly.com/” (Belajar Sistem Komputer)

  10. KangFARHAN says:

    bila sudah menguasai hal2 diatas pastilah jadi pengajar yg hebat dan yg diajar jadi seneng ya pak guru…. jadi tambah ilmu nih mas

  11. berkat desain yang sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>