Keterampilan Dasar Mengajar: Membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan, keterlibatan siswa merupakan hal yang sangat penting diperhatikan oleh guru. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan keterampilan dalam membimbing diskusi kelompok kecil.

Selain bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, ada alasan lain pentingnya menerapkan/mengamalkan diskusi kelompok. Yang pertama adalah, secara langsung siswa diajak mempraktekkan nilai Pancasila sila ketiga yang mengisyaratkan bahwa musyawarah dan mufakat untuk mengambil suatu keputusan merupakan ciri khas kehidupan bangsa Indonesia.

Kedua, diskusi kelompok di dalam kelas berkaitan dengan pendekatan PAKEM. Dengan pendekatan ini sebiknya dominasi guru di dalam kelas dikurangi sehingga siswa berkesempatan untuk berpartisipasi secara lebih aktif. Tujuan pembelajaran dalam lingkup nilai dan sikap secara efektif akan tercapai melalui diskusi kelompok.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua pembicaraan yang dilakukan oleh sekelompok orang disebut diskusi. Wardani dan Julaiha (2007) mengemukakan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi agar disebut diskusi kelompok kecil, yaitu:

  1. Melibatkan kelompok orang yang terdiri dari 3-9 orang;
  2. Berlangsung dalam tatap muka informal dimana semua anggota kelompok berkesempatan saling melihat, mendengar, serta berkomunikasi bebas dan langsung;
  3. Ada tujuan yang mengikat anggota untuk bekerja sama mencapainya;
  4. Berlangsung dengan proses yang teratur dan sistematis.

Dalam proses pembelajaran, diskusi kelompok kecil juga harus memenuhi keempat syarat di atas.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan diskusi kelompok kecil?
Diskusi kelompok kecil adalah suatu proses percakapan (komunikasi) yang teratur, yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang bebas dan terbuka, dengan tujuan berbagi informasi atau pengalaman, mengambil keputusan, atau memecahkan suatu masalah (Mulyasa, Hasibuan dalam Suwarna,2006:79).

Apa pula yang dimaksud dengan keterampilan dasar mengajar membimbing diskusi kelompok kecil? Keterampilan dasar mengajar membimbing diskusi kelompok kecil ialah keterampilan melaksanakan kegiatan membimbing siswa agar dapat melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan efektif (Suwarna,2006:79).

Itulah uraian singkat tentang satu lagi keterampilan dasar yang harus dikuasai olah guru dalam rangka meningkatkan aktivitas proses pembelajaran di dalam kelas. Keefektifan dalam penerapan dan keberhasilannya tergantung dari penguasaan guru terhadap keterampilan dasar mengajar membimbing diskusi kelompok kecil tersebut. Semoga bermanfaat!

8 comments

  1. AdityaN8zz says:

    diskusi kelompok kecil sangat baik untuk menanamkan rasa musyawarah
    nice artikel

  2. arie5758 says:

    Proses belajar dg sistem diskusi kecil memang bisa meningkatkan keaktifan siswa. Sehingga proses belajar mengajar tidak hanya berjalan satu arah, tapi juga ada feedback dari peserta didik

  3. Amin says:

    mantab pak guru infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>