Membuat email (forwarder) melalui cPanel dengan domain sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri melalui cpanel yang kushare ini sumbernya dari blog “Simple Tips-News“. Email forwarder yang sudah jadi pasti akan menarik dan terkesan keren deh. Jika Sobat kepengen punya email dengan domain sendiri, “terpaksa” beli domain dung…

Email (forwarder) dengan domain sendiri ini merupakan alamat email bayangan dari email yang telah kita miliki sebelumnya. Cara kerjanya adalah semua email yang dikirim ke alamat email (forwarder), selanjutnya akan diteruskan ke inbox email tujuan yang telah kita tentukan pada saat membuatnya melalui cpanel.

Misalnya email yang kita buat “surel@gurukelas.com” dan email penampungnya kita tentukan di gmail.com atau yahoo.com maka untuk membuka email yang dikirim ke surel@gurukelas.com bisa kita buka di inbox gmail atau yahoo.com (sesuai yang kita pilih dan tetapkan saat membuatnya).

Inilah langkah cara membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel:

  1. Login ke cpanel melalui URL: http://cpanel.yourdomain.com (ganti yourdomain dengan domain sobat)
  2. Pilih tab menu Mail, lalu klik Forwarders (seperti skrinsot di bawah)
  3. Klik Add forwarder button, isi pada kolom Address to Forward dengan nickname yang sobat inginkan; misalnya “surel”. Kemudian perhatikan kolom dropdown di belakang karakter ‘@‘ yang merupakan nama domain sobat. Pilih salah satu nama domain, seandainya sobat punya lebih dari satu domain di cpanel tersebut. Sebagai contoh domainnya adalah gurukelas.com, maka nama email forwardingnya adalah surel@gurukelas.com sehingga alamat email ‘surel@gurukelas.com’ adalah email yang akan digunakan untuk mendaftar atau dicantumkan pada profile sobat.
  4. Selanjutnya di area Destination, tuliskan alamat email yang telah sobat miliki sebelumnya pada forward to email address, boleh menggunakan email gratisan seperti email dari yahoo.com, gmail.com, hotmail.com, live.com, dan sebagainya. Email destination ini berfungsi untuk menampung secara otomatis semua email yang terkirim ke alamat email “surel@gurukelas.com”. Sebagai contoh: alamat email destinationnya adalah seiko@gmail.com maka tuliskan pada kolom “Forward to email address” dengan seiko@gmail.com (lihat skrinsotnya, Sob)
  5. Terakhir, klik tombol Add Forwarder, maka semua email yang tertuju ke alamat surel@gurukelas.com akan selalu diarahkan secara otomatis ke inbox seiko@gmail.com.

Kelebihan dari email forwarder yang kita buat adalah jika ada email yang masuk tidak akan menggangu atau mengurangi space hosting kita (menghemat). Dan membukanyapun tidak melalui cpanel tetapi melalui email dimana kita jadikan destination (tujuan), kalau seperti contoh di atas dibuka melalui seiko@gmail.com. Semoga bermanfaat!

8 thoughts on “Membuat email (forwarder) melalui cPanel dengan domain sendiri”

  1. artikel yg menarik mas, dan saya suka, dan salam kenal dari mico ya, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan film horor,box office silakan kunjungi situs gue ok, dan terima kasih admin nya juga ok

  2. Makasih atas tutornya pak. Jadi tertarik mau bikin. kalau boleh tau untuk membuat email forward dgn domain sendiri seperti ini apakah membutuhkan biaya (per bulan atau pertahunnya) pak?

    1. Gratis Mas. Jangka berlakunya ngikut berapa lama sewa domainnya. Jika domain lama masa sewanya 1 tahun maka kita akan mendapatkan layanan seperti ini selama 1 tahun pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *