Faktor Penting dalam Pelaksanaan Kegiatan Pengayaan

Postingan guru kelas kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu tentang jenis pembelajaran/kegiatan pengayaan. Pada postingan tersebut telah diuraikan bahwa sebenarnya banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan guru dalam upaya membantu siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh guru dalam menentukan kegiatan pengayaan agar kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat mencapai tujuan secara optimal. Warkitri, dkk. dalam Julaeha (2007:9.37-9.39) mengemukakan tiga faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih dan melaksanakan kegiatan pengayaan, yaitu:

1. Faktor Siswa
Setiap siswa memiliki minat yang berbeda. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan kegiatan pengayaan. Kesesuaian kegiatan pengayaan dengan minat siswa akan memacu siswa untuk lebih berhasil dalam belajarnya. Jika kegiatan yang dipilih tidak sesuai dengan minatnya maka semangat siswa akan melemah dalam mempelajari sesuatu. Faktor lain dari siswa yang juga perlu diperhatikan oleh guru adalah faktor karakteristik siswa dan beberapa faktor psikologis lainnya.

2. Faktor Manfaat Edukatif
Faktor penting kedua yang perlu diperhatikan oleh guru adalah kebermanfaatan kegiatan pengayaan itu sendiri. Jangan sampai kegiatan pengayaan yang dilaksanakan merugikan siswa atau menimbulkan kesulitan bagi siswa dan mengganggu proses perkembangannya. Sebaiknya kegiatan pengayaan yang dilaksanakan benar-benar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya. Sehingga bermanfaat dalam menambah pengetahuan, keterampilan, dan nilai/sikap siswa.

3. Faktor Waktu
Kegiatan pengayaan diberikan untuk mengembangkan potensi siswa dengan memanfaatkan kelebihan waktu pada saat siswa lain melakukan kegiatan remedial. Jika siswa yang lambat telah menguasai kompetensi sesuai harapan dan kegiatan pembelajaran biasa akan dilaksanakan/dilanjutkan, maka secara terprogram kegiatan pengayaan untuk kelompok siswa cepat harus segera berakhir. Di sinilah dituntut kemampuan dan kreatifitas guru untuk mampu menyesuaikan jenis kegiatan pengayaan dengan kebutuhan siswa dan dengan waktu yang tersedia.

Sementara itu Arikunto (1986), juga dalam Julaeha (2007:9.38) menyebutkan faktor-faktor penting lainnya yang juga harus diperhatikan oleh guru dalam menentukan dan memilih kegiatan pengayaan. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Siswa lebih menyukai kegiatan di luar kelas
  2. Siswa lebih suka beraktivitas dari pada hanya berteori di belakang meja
  3. Kegiatan menemukan sendiri sesuatu yang baru lebih merangsang minat siswa dibanding kegiatan yang sifatnya penjelasan
  4. Kegiatan yang dengan cepat dapat menunjukkan hasil, lebih disukai siswa dari pada kegiatan yang menuntut penggunaan waktu yang relatif lama.

Itulah beberapa faktor yang harus diperhatikan guru dalam menentukan dan memilih kegiatan pengayaan. Apapun kegiatan yang dipilih hendaknya menyenangkan, mampu mengembangkan kemampuan kognitif tingkat tinggi, dan disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan karakteristik siswa. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut diharapkan kegiatan pengayaan yang dilaksanakan dapat bermanfaat sehingga kemampuan siswa berkembang secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>