Pengertian dan Tujuan Kegiatan Pengayaan

Pada kesempatan kali ini guru kelas akan share tentang kegiatan pengayaan. Siapapun Anda yang berprofesi sebagai guru baik itu guru kelas maupun guru bidang studi tentu tidak asing dengan istilah pengayaan. Dan Saya yakin kita semua para guru pasti sudah pernah melaksanakan kegiatan pengayaan tersebut. Postingan berikut ini khusus membahas tentang pengertian dan tujuan dari kegiatan pengayaan.

Dari hasil diagnosis kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru akan ditemukan kemungkinan siswa yang lambat dan cepat dalam menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar (lambat belajar) perlu dilakukan remedial sedangkan untuk siswa (kelompok siswa) yang cepat belajar dilakukan kegiatan pengayaan.

Siswa yang cepat menguasai kompetensi dan tugas belajarnya tentu saja memiliki kelebihan waktu yang perlu dimanfaatkan. Kelebihan waktu yang tidak dimanfaatkan dengan baik akan menimbulkan hal-hal negatif yang bisa mengganggu siswa lain yang sedang aktif mengikuti pembelajaran.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya. Pengertian tersebut sesuai dengan defenisi yang dikemukakan oleh Julaiha dan Wardani (2007:9.32). Menurut mereka, kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat dalam memanfaatkan kelebihan waktu yang dimilikinya sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih kaya dan keterampilan yang lebih baik.

Dalam pelaksanaannya kegiatan pengayaan dapat dilakukan di luar jam pelajaran atau bisa juga bersamaan dengan pembelajaran biasa. Disaat siswa yang lambat sedang mengikuti pelajaran seperti biasa maka siswa kelompok cepat yang telah menyelesaikan tugas belajarnya dapat diberikan kegiatan pengayaan.

Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Tidak membahas materi pelajaran baru.
  2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi.
  3. Tercapai tingkat perkembangan siswa yang optimal terkait dengan tugas belajarnya.
  4. Memanfaatkan kelebihan waktu bagi siswa yang cepat untuk hal-hal yang positif.
  5. Agar siswa yang tergolong cepat tidak dirugikan karena harus menunggu temannya yang lambat belajar.
  6. Siswa yang cepat tidak mengganggu siswa yang lambat karena kelebihan waktu.

Itulah pengertian dan beberapa tujuan dari kegiatan pengayaan. Dalam hal ini guru harus pandai merancang dan melaksanakan kegiatan pengayaan agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Efektif bagi siswa kelompok cepat dan efektif pula bagi siswa kelompok lambat dalam menyelesaikan tugas belajar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>